Sahabat techie pasti pernah dong dengar tentang motherboard apalagi kalau kamu yang sering mengurus atau hobi dalam hardware PC. Tapi mungkin banyak sahabat techie yang belum tahu jelas tentang motherboard, belajar bersama yuk!

Motherboard yang biasa juga disebut sebagai mainboard atau mobo merupakan bagian hari hardware di komputer. Motherboard sendiri merupakan komponen penting dari komputer dan sering dibilang sebagai tulang belakang dari komputer. Motherboard diibaratkan sebagai sebuah landasan yang menyatukan berbagai komponen elektronik dalam hardware, sehingga segala komponen terhubung.

Motherboard menyediakan konektivitas antara komponen perangkat keras komputer, seperti prosesor (CPU), memori (RAM), hard drive, dan graphic card. Motherboard sendiri juga datang dalam berbagai jenis dan ukuran yang berbeda lho! 

Tujuannya supaya sesuai dengan hardware yang mempunyai berbagai jenis dan ukuran oleh karena itu setiap jenis motherboard dirancang agar dapat bekerja sesuai dengan jenis prosesor dan memori tertentu, oleh karena itu kita tidak bisa asal memilih motherboard karena sehingga tidak semua jenis bisa cocok dengan perangkat yang kita miliki.

Secara fisik, motherboard terdiri dari lembaran bahan non-konduktif yang kuat dan kaku. Kemudian, lapisan aluminium foil akan dicetak pada lembaran ini. Lapisan tembaga yang juga sering disebut dengan traces itu umumnya kecil dan membentuk sirkuit antara berbagai komponen. Selain sirkuit, motherboard juga berisi sejumlah soket dan slot untuk menghubungkan komponen-komponen lainnya yang ada di dalamnya.

Tujuan utama dari motherboard adalah untuk memindahkan daya dan menyediakan tempat di mana semua komponen dapat berkomunikasi satu sama lain. Disebut sebagai tulang belakang komputer bukan karena hal yang tidak mempunyai alasan, sebab motherboard memiliki berbagai macam fungsi. Selain fungsi utamanya yang berperan sebagai sebuah media yang menampung komunikasi antar  komponen pada komputer, motherboard juga berfungsi untuk mengatur kode pada chip read-only memori

Beberapa fungsi lain dari motherboard:

  • Melakukan transfer data ke semua komponen yang terdapat di komputer.
  • Menyediakan tata letak terbaik untuk semua komponen yang ada di komputer.
  • Menghubungkan komponen seperti CPU, RAM, dan video card melalui Hub Komponen.
  • Menyebarkan daya untuk bagian komputer sesuai dengan kebutuhan setiap bagian.
  • Menghubungkan berbagai komponen interface komputer langsung atau tidak langsung.

Itu dia sahabat techie pengertian tentang motherboard secara singkat, semoga artikel hari ini memberikan wawasan baru untuk kita semua ya!