Partisi drive digunakan untuk memindahkan kapasitas penyimpanan dari drive C ke drive D, begitu pula sebaliknya. Apakah Sahabat Techie pernah mencoba partisi drive tapi gagal? Kira-kira penyebab nya apa ya? 

Artikel kali ini akan membagikan tips-tips untuk kamu yang tentunya anti gagal. Berikut Tips nya: 

  1. Download dan install aplikasi partition manager

Sahabat techie untuk bisa extend partisi drive C dan drive D di Windows, kamu membutuhkan bantuan software partition manager. Aplikasi berfungsi untuk extend partisi pada hardisk atau membuat partisi yang baru. Sobat ZetZet dapat mendownload software AOMEI Partition Assistant. Setelah selesai download, kalian dapat menginstall software ke komputer kalian.

  1. Jalankan aplikasi Partition Assistant

Langkah kedua yang harus kamu jalankan pada aplikasi Partition Assistant adalah dengan mengklik dua kali pada icon yang ada di desktop perangkat kamu.


  1. Resize partisi yang ingin diambil untuk extend

Resize pada partisi yang ada di sebelah partisi yang ingin di extend. Pada aplikasi AOMEI > klik kanan drive D > pilih Resize Partition.Pada jendela selanjutnya tentukan kapasitas yang ingin diambil untuk extend drive C. 

Caranya  menggeser slider ke kanan hingga mendapatkan ukuran yang diinginkan. Perhatikan pada bagian Unallocated space before, nilai yang ada di kolom tersebut adalah ruang yang akan ditambahkan ke drive C. Tentukan sendiri sesuai kebutuhan masing-masing. Klik pada tombol OK>

  1. Klik Apply untuk memulai proses resize

Setelah kembali ke jendela utama AOMEI, klik tombol Apply yang ada di pojok kiri atas untuk memulai proses resize.

  1. Extend drive C

Klik kanan pada drive C lalu pilih Resize Partition. Tarik slider ke arah kanan hingga penuh ke ujung. Klik tombol OK. Selanjutnya klik tombol Apply > Proceed. Tunggu hingga proses extend selesai.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.