Mengalami ransomware tentunya menjadi masalah yang cukup serius, karena perlu memakan waktu dan ketelitian untuk mengatasi nya. Ransomware sendiri adalah jenis virus yang menyerang suatu perangkat dengan mengenkripsi dan mengacak setelah itu mengunci data informasi pada file, sehingga file tidak dapat diakses.

Berikut Artikel ini Akan Menjelaskan Tips Mencegah Serangan Ransomware yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Menggunakan Software dan Fitur Keamanan

Sebuah perangkat ataupun website tanpa memiliki sistem keamanan tentunya bisa membuat masuknya ransomware dengan sangat mudah.

Bagi kalian yang memiliki komputer kamu perlu sedikit berinvestasi dengan menginstall software antivirus. Dengan adanya software antivirus ransomware, kamu juga dapat melakukan pemindaian virus, untuk memastikan bahwa tidak ada malware pada file yang akan di upload ke website.

Untuk kamu yang memiliki website, pasanglah SSL pada website supaya setiap pertukaran data yang terjadi di website aman dari ancaman virus, serta kamu perlu menambahkan plugin keamanan website untuk keamanan yang lebih optimal.

  1. Backup Data

Jika kamu memang mengalami masalah ransomware, kamu tidak perlu takut lagi, karena semua data yang terenkripsi sebelumnya sudah kamu backup dengan aman. Kamu bisa backup file pada hard drive, google drive.

Kamu bisa backup file website kamu dengan Niagahoster yang akan backup otomatis selama semunggu sekali, dan untuk mengembalikan data yang dibackup kamu bisa klik tombol restore file.

  1. Update Rutin

Update lah secara rutin website yang kamu punya, mulai dari CMS, plugin, hingga tema yang ada di dashboard kamu. Karena sistem dan fitur yang belum terupdate bisa menjadi celah keamanan di serang.

Jika kamu tidak ingin update website secara manual, kamu bisa memakai bantuan plugin, yaitu Easy Updates Manager. Yang dimana plugin tersebut akan membantu kamu memasang versi terbaru dari WordPress, plugin, hingga tema secara otomatis.

  1. Hindari Klik Website dan Email Mencurigakan

Karena ransomware sering berhasil masuk ke website dan email yang berisi virus, seperti akan ada file atau aplikasi yang otomatis terdownload dan terinstall. Jebakan virus tersebut bisa juga masuk kedalam email spam dengan lampiran atau link yang mencurigakan.

Jadi jangan pernah mencoba untuk klik lampiran yang disematkan pada email yang kamu tidak kenal, karena jika di klik secara langsung akan dapat menginfeksi perangkat kamu.

  1. Pilih Hosting Yang Aman

Jika hosting kamu tidak memiliki keamanan yang canggih, website bisa dengan mudah terinfeksi berbagai virus. Memilih hosting yang aman menjadi hal penting, karena jika server sudah terserang, maka tambahan fitur seperti SSL dan plugin akan sia sia.

Jadi pastikan untuk memilih hosting yang aman untuk keamanan website yang baik ya sahabat techie. Semoga artikel kali ini membantu kamu dan membuat kamu menjadi lebih tau menghidnari serangan ransomware dan membuat kamu menjadi lebih berhati-hati.