Tahukah kamu apa itu Ransomware?

Ransomware merupakan jenis virus yang menyerang suatu perangkat dengan mengenkripsi dan mengacak setelah itu mengunci data informasi pada file, sehingga file tidak dapat diakses.

Tetapi tenang, jika kamu mengalami masalah ini, kamu bisa membaca artikel ini karena akan dijelaskan mengenai cara-cara mengatasi Ransomware yang menginfeksi website dan perangkat kamu nih sahabat! Berikut cara nya.

  1. Jangan Menuruti Perintah

Jika kamu menemukan perangkat dan website yang terinfeksi ransomware, kamu bisa mencoba melakukan cara yang pertama ini dengan janfan mengikuti perintah hacker untuk membayar uang tebusan.

Kenapa begitu? Karena tidak ada jaminan bahwa hacker akan membuka file kamu setelah kamu sudah membayar uang tebusan yang diminta dan ada kemungkinan file yang terkenkripsi bisa dipulihkan dengan decryptor yang tersedia.

  1. Bersihkan dengan Antivirus

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan perangkat kamu dengan antivirus ransomware agar menghilangkan ancaman virus yang masih aktif di perangkat kamu.

Kamu bisa mengunduh antivirus yang menyediakan fitur anti ransomware, beberapa diantaranya yaitu Avast, ESET. Pastikan kamu menggunakan aplikasi yang asli supaya menghindari serangan virus serupa bahkan virus lainnya.

Tetapi kemungkinan terburuknya adalah kamu tidak bisa mendapatkan file kamu lagi.

  1. Download Decryptor Ransomware

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa tidak ada malware yang aktif pada perangkat dan setelah itu mencoba mengembalikan file yang terkena virus.

File yang terenkripsi kemungkinan dapat dipulihkan menggunakan sebuah aplikasi decryptor, yang akan mengurai sandi enkripsi sehingga kamu dapat membukanya.

Setiap ransomware hanya dapat dibuka oleh decryptor tertentu, jadi kamu tidak bisa asal pakai decryptor untuk membuka enkripsi file kamu. Jangan mencoba untuk mengutak atik sendiri karena bisa menyebabkan file tidak bisa dibuka secara permanen.

  1. Laporkan

Cara yang terakhir adalah dengan melaporkan masalah yang kamu alami pada organisasi anti ransomware, kamu bisa submit file yang terkena virus dan file pesan ancaman yang kamu terima.

File tersebut akan membantu para pakar keamanan IT menemukan decryptor yang tepat untuk membuka akses.

Bagaimana sahabat techie? Kalau kamu mengalami hal ini apa yang akan kamu lakukan?

Semoga artikel kali ini membantu kamu dan membuat kamu menjadi lebih tau mengenai cara menangani ketika kamu terkena ransomware ya dan membuat kamu menjadi lebih berhati-hati