Di musim penghujan saat ini tentunya banyak hal diluar dugaan yang bisa terjadi, kemungkinan pada musim hujan akan muncul petir. Tetapi pernah kamu mengalami perangkat kamu terkena sambaran petir?

Perangkat laptop yang terkena sambaran petir tentunya akan mendapatkan lonjakan listrik mendadak, hal tersebut dapat merusak rangkaian elektronik atau komponen yang ada di dalam motherboard. Terlebih lagi bila port Ethernet masih tersambung, yang akan membuat port menjadi rusak.

Jika kamu mengalami kerusakan pada port Ethernet, kamu bisa menggunakan PCMCIA Ethernet port, karena dinilai lebih praktis dan tidak banyak waktu untuk memperbaiki motherboard yang rusak. Karena untuk mengganti motherboard yang rusak kamu harus mengganti sistem secara keseluruhan. Tetapi kekuranfan nya PCMCIA Ethernet port mempunyai harga yang cukup mahal.

Jika kamu mengalami laptop yang tersambar petir, kamu bisa memulai menindaklanjuti dengan mematikan atau memutuskan aliran port Ethernet, wireless jaringan, dan adaptor. Berikut di artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam mengganti port Ethernet pada laptop kamu:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka skrup bagian bawah notebook kamu

  2. Selanjutnya buka skrup dengan obeng, lalu putar ke kiri dan angkat penutupnya

  3. Untuk melepas port Ethernet, kamu perlu melepaskan kabel konektornya dengan menarik dan mengangkat ke atas.

  4. Langkah yang terakhir adalah menyiapkan port Ethernet yang baru dengan masukkan dari posisi miring, lalu sambungkan kabel konektor seperti kebalikan dari cara melepaskannya.

Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk memperbaiki port Ethernet yang terkena sambaran petir. Jika kamu ingin mengkonsultasikan masalah ini dan ingin memperbaiki ny kamu bisa datang ke Pemmztechie dan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.