Keyboard sendiri merupakan peripheral yang penting untuk sebuah komputer, baik PC maupun laptop. Keyboard pun kerap kali timbul berbagai macam masalah. Artikel pemmztechie kali ini akan membahas cara mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada pada keyboard

1. Restart Laptop

Jika kamu memiliki permasalahan pada keyboard kamu, langkah pertama cobalah untuk merestart laptop kamu terlebih dahulu. Karena biasanya cara ini membuahkan hasil.

2. Periksa Num Lock

Cobalah untuk mematikan num lock kamu dengan menekan tombol “Fn” dan “NumLK” di keyboard secara bersamaan, tetapi untuk beberapa laptop, kamu bisa mencoba untuk menekan “Caps Lock” dan “NumLK”.

3. Masalah Driver

Untuk mengatasi masalah pada driver kamu bisa membuka device manager dan melihat bagian keyboard, jika kamu menemukan tanda segitiga berwarna kuning, maka sudah dipastikan bahwa driver keyboard kamu mengalami masalah, Cara mengatasi hal ini adalah dengan mendownload driver terbaru.

4. Lakukan system Restore

Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan memilih menu start dan search “Recovery” biasanya cara ini digunakan untuk Windows 8 dan Windows 7.

5. Bersihkan Debu dan Kotoran

Biasanya penyebab yang paling umum menyebabkan kerusakan pada keyboard karena terdapat debu dan kotoran. Debu dan kotoran biasanya terselip diantara tombol keyboard. Cara membersihkannya adalah dengan memiringkan atau menebalkan laptop hingga 45 sampai 75 derajat sambil mencoba untuk menggoyangkan.

Kamu juga bisa membeli pembersih khusus untuk keyboard yang biasanya berupa vacuum kecil untuk menyingkirkan debu yang ada di keyboard kamu.

6. Konektor terlepas

Masalah lain yang bisa terjadi adalah dikarenakan konektor keyboard yang terlepas, kamu bisa mencoba membenarkannya dengan membuka keyboard untuk menghubungkan kembali konektornya.

7. Mengganti Keyboard 

Satu-saunya cara ketika amu sudah mencoba berbagai cara tetapi keyboard tetap rusak adalah dengan mengganti keyboard bawaan kamu, oh iya kamu bisa memasangkan keyboard baru kamu di pemmztechie loh!

8. Menggunakan Keyboard Eksternal

Kamu bisa menggunakan keyboard eksternal untuk mengatasi masalah pada keyboard, jadi kamu tidak perlu untuk menservis keyboard bawaan kamu, dan membeli keyboard Wireless atau USB yang baru.

9. On Screen Keyboard

Jika kamu tidak mau menservis dan juga membeli keyboard eksternal, kamu bisa menggunakan on screen keyboard, dengan memilih  start, program, lalu beralih ke accessories dan accessibility dan pilihlah on screen keyboard.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089