Pemeliharaan otomatis adalah serangkaian tugas pemeliharaan sistem yang dijadwalkan windows. Secara default kamu juga dapat memilih untuk menjalankan pemeliharaan otomatis secara manual kapan saja dengan mengklik opsi jalankan pemeliharaan di dalam panel kontrol.

Pesan yang error biasanya terjadi karens task manager yang rusak. Saat pengguna memeriksa apakah pemeliharaan otomatis diaktifkan di penjadwal tugas, mereka akan menemukan bahwa folder TS kosong.

Para pengguna biasanya perlu untuk memperbaiki penjadwal tugas untuk memperbaiki permasalahan dalam pemeliharaan otomatis ini. Hal tersebut merupakan beberapa resolusi untuk memperbaiki masalah.

Kenapa Windows tidak dapat menjalankan pemeliharaan otomatis? Berikut cara untuk memperbaiki nya

  1. Buka Pemecah Masalah

Pemelihaaran sistem kesalahan pesan dapat disebabkan oleh pengaturan zona waktu sistem yang tidak dikonfigurasi dengan benar. Pemecah masalah juga merupakan alternative penting untuk pemeliharaan otomatis karena membebaskan ruang disk dan menghapus pintasan yang tidak valid. Cobalah untuk membuka pemecah masalah pemeliharaan sistem melalui panel kontrol, berikut cara nya:

– Buka jalankan dengan memencet tombol Windows + R hotkey
– Masuk ke “control panel” dan coba untuk jalankan, lalu tekan tombol OK
– Pilih pemecahan masalah untuk membuka applet panel kontrol yang ditunjukkan langsung
– Klik lihat semua di sebelah kiri jendela pada panel kontrol
– klik kanan pemeliharaan sistem dan pilih jalankan sebagai administrator
– kemudian klik tombol berikutnya untuk memulai pemecah masalah
  1. Gunakan third party tool

Terdapat alat perbaikan khusus yang dapat membantu kamu untuk memperbaiki kesalahan pemeliharaan otomatis dengan teknologi canggih untuk mendeteksi operasi yang rusak dari PC kamu.

Dengan perangkat lunak perbaikan otomatis ini, kamu dapat memperbaiki beberapa masalah windows yang ditemukan dengan pemindaian mendalam. Oleh karena itu, metode ini sangat andal dan akan memberikan fitur perbaikan yang berguna yang mampu memulihkan layanan windows kamu.

  1. Roll Windows Kembali ke Titik Pemulihan

Pemulihan sistem menangkap snapshot dari sistem kamu yang dapat digunakan pengguna untuk memutar kembali windows jika diperlukan. Jadi pemulihan sistem dapat memberikan resolusi untuk kesalahan pemeliharaan otomatis jika kamu dapat memilih titik pemulihan yang akan memulihkan windows ke waktu ketika penjadwal tugas berfungsi dengan baik.

– Masukkan “rstrui” di Run dan klik OK untuk membuka jendela pada gambar langsung dibawah.
– Pilih opsi titik pemulihan yang berbeda dan tekan tombol berikutnya.
– Klik opsi tampilkan lebih banyak titik pemulihan untuk memperluas daftar titik pemulihan sepenuhnya.
– Jika kamu tidak yakin titik pemulihan mana yang harus dipilih, maka pilihlah titik pemulihan terjauh
– Kamu akan kehilangan program yang diinstal setelah titik pemulihan yang dipilih. Klik tombol pindai program yang terpengaruh untuk melihat perangkat lunak apa yang dihapus untuk titik pemulihan.
– tekan tombol berikutnya dan selesai untuk mengembalikan platform ke tanggal yang dipilih
  1. Perbaiki penjadwal tugas dengan tugas perbaikan

Repair task adalah utilitas freeware yang dirancang khusus untuk memperbaiki penjadwal tugas yang rusak. Kamu dapat menambahkan tugas perbaikan ke windows 10, 8 atau 7 dengan mengklik unduh di halaman web ini. Saat kamu menjalankan program, tekan tombol pindai. Setelah itu perangkat lunak mungkin menemukan dan memperbaiki tugas yang rusak.

  1. Periksa Pembaruan Windows

Microsoft biasanya merilis pembaruan pada patch Tuesdays yang memperbaiki banyak hal di windows. Biasanya akan diperbarui secara otomatis selama kamu belum menyesuaikan pengaturan pembaruan windows.

Terdapat kemungkinan kecil laptop atau desktop kamu melewatkan beberapa pembaruan yang dapat memberikan perbaikan untuk kesalahan pemeliharaan otomatis.

– Untuk memeriksa pembaruan, buka aplikasi Cortana
– Masukkan kata kunci “perbarui” di kotak pencarian
– Kemudian pilih untuk membuka periksa pembaruan untuk membuka jendela yang ditunjukkan di bawah ini
– Tekan tombol periksa pembaruan
– windows akan mencantumkan pembaruan yang terdeteksi, yang kemudian dapat kamu pilih untuk diunduh.

Resolusi di atas mungkin memperbaiki opsi jalankan pemeliharaan dan penjadwal tugas. Selain itu mengatur ulang windows dapat memperbaiki kesalahan pemeliharaan otomatis.

Sekian artikel Pemmztechie, semoga langkah-langkah tersebut dapat membantu kalian yang mengalami masalah seperti diatas.