Apakah kalian mengetahui apasih keyboard ghosting itu? Keyboard ghosting adalah salah satu masalah pada keyboard dimana keyboard tidak bisa ditekan lebih dari satu tombol secara bersamaan.

Hal tersebut disebabkan karena berbagai macam faktor, seperti hardware yang tidak bisa membaca 3 tombol atau lebih, software yang tidak bisa menangani lebih dari satu tombol yang ditekan, dan adanya protocol antara hardware dan software yang membatasi tombol ketika ditekan.

Artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab terjadinya keyboard ghosting:

  1. Menekan satu tombol

Ketika keyboard menekan suatu tombol, keyboard akan mencari setiap kolom dan baris kabel. Yang dimana keyboard akan mengembalikan output dari baris dan kolom kabel pada keyboard, dan memberi input ke komputer dari tombol tersebut.

  1. Menekan dua Tombol

Pada saat kamu menekan dua tombol keyboard akan mencari sumber dengan mengecek kolom dan baris kabel pada keyboard satu persatu. Dalam kasus ini tombol yang ditekan terdapat pada kolom dan baris yang berbeda.

  1. Menekan tiga tombol

Masalah yang terjadi saat ada 3 tombol yang ditekan pada waktu bersamaan bisa menyebabkan keyboard mengalami masalah ghosting, dan membuat tombol keyboard menjadi tidak terdeteksi. Hal tersebut terjadi karena kedua kolom atau baris kabel pada tombol tersebut telah dideteksi sebagai tombol lain.

Kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.