Pada artikel yang sebelumnya Pemmztechie membahas mengenai beberapa penyebab laptop mengalami blank screen. Kali ini kamu nggak perlu khawatir karena Pemmztechie akan membahas bagaimana cara mengatasi blank screen pada laptop.

  1. Copot device yang tidak digunakan

Untuk mencoba memperbaiki blank screen, cobalah untuk mencopot dahulu device tambahan yang masih terhubung ke PC seperti kamera, printer, dan perangkat lain yang masih terpasang di perangkat laptop kamu.

  1. Gunakan windows explorer secara manual

Kamu bisa mencoba untuk menghidupkan seperti biasa, lalu tunggu hingga proses loading selesai dan masuk ke tampilann blank, dengan menekan tombol CTRL + ALT + Delete, setelah itu pilih task manager.

Cobalah untuk masuk ke tab processes, dan kamu akan melihat list proses yang sedang berjalan dan temukan proses bernama windows explorer, dan setelah itu klik kanan lalu pilih restart.

Jika kamu tidak menemukan windows explorer kamu bisa menjalankannya secara manual dengan:

-Pergi ke task manager, lalu klik file dan run new task

– Ketik explorer.exe dan kemudian klik OK

Jika cara tersebut berhasil maka windows explorer akan berjalan dan tampilan desktop akan muncul lagi.

  1. Restart Graphic Driver

Kamu bisa merestart graphic driver kamu dengan menekan tombol windows key + Ctrl + Shift + B

  1. Ganti Display Projection

Kamu bisa mencoba untuk mengganti display projection dengan menekan tombol windows + P untuk memunculkan pilihan projection, tekan tombol P hingga sampai ke pilihan PC Screen only dan tampilan windows muncul kembali.

  1. Masuk ke Safe Mode

Cobalah untuk masuk ke safe mode dengan melakukan cara ini:

  • Uninstall program terakhir yang diinstall

  • Gunakan system restore point

  • update windows 10

  • Unistall update

  1. Reset PC

Untuk mencoba memperbaiki masalah yang ada, cobalah untuk merestart PC kamu, dan masuk ke halaman WinRE untuk memilih opsi see advanced repair options, lalu pilih opsi troubleshoot dan coba pilih opsi reset this PC dan pilih keep my files untuk mereset windows 10 agar data tidak menghilang.

Kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.