Seringkali PC atau Laptop kita mengeluarkan suara kipas yang bising, tetapi jika suara nya sangat bising sampai membuat kamu terganggu, maka bisa menandakan masalah yang serius.

Berikut akan Pemmztechie jelaskan suara-suara dari perangkat kamu dan arti dari suara tersebut.

  1. Perangkat mengeluarkan suara Klik atau berdengung

Ketika kamu mendengar suara laptop atau PC kamu berbunyi klik atau berdengung rendah, maka kamu harus menghentikan apa yang sedang kamu lakukan dan memeriksa hard drive, suara ini bisa menunjukkan disk yang bermasalah serius.

Untuk memeriksa kesehatan drive, coba untuk memakai CrystalDiskInfo untuk windows dan DriveDx untu Mac. Caranya adalah dengan menjalankan program, klik pada setiap drive yang ada di menu, dan pastikan semuanya terdaftar sebagai “Good”.

Jika menunjukkan drive kamu kurang dari itu, maka kamu harus mencadangkan semua data kamu segera mungkin. Setelah itu pertimbangkan untuk mengganti drive dengan SSD, selain bisa bertahan lama keuntungannya membuat laptop atau PC kamu lebih cepat.

Bunyi klik ini sendiri bisa diartikan kabel yang terlalu dekat dengan kipas untuk PC desktop, jadi untuk hal ini, buka PC kamu dan pastikan kipas bebas dari penghalang.

  1. Suara Mendesing Keras

Jika kamu mendengar suara deru keras dari kipas laptop atau PC kamu, maka ada kemungkinan besar mesin kamu hanya perlu penyesuaian pendinginan. Periksalah kesehatan hard drive kamu dan periksa apakah ada disk yang berputar di drive DVD.

Cobalah untuk membuka task manager di windows (CTRL +Shift +Esc) dan lihat apakah ada aplikasi yang menggunakan sebagian besar CPU kamu. Jika laptop atau PC dipakai tanpa ingat waktu maka kipas akan bekerja keras untuk membuat mesin dingin. Jadi kemungkinan terdapat program yang berjalan dan malware yang memakan sumber daya. Cobalah untuk tutup program dan jalankan pemindaian malware.

  1. Suara dari Speaker, ketika sedang tidak memainkan apapun

Ketika kamu sedang tidak mendengarkan apapun menggunakan laptop atau PC kamu tetapi terdapat suara yang berasal dari speaker kamu. Untuk PC pastikan kabel speaker sepenuhnya dicolokkan ke PC, biasanya akan mendengar bunyi klik yang memberi tahu bahwa kabel sudah tersambung sepenuhnya.

Jika tidak bekerja, cobalah untuk mencolokannya ke perangkat lain untuk mengecek apakah suara nya tetap ada atau tidak, masalahnya bisa di kabel speaker atau bisa umpan balik dari internal.

Kemungkinan masalah yang kalian alami adalah loop arde, dalam hal ini isolator loop arde dapat mengurangi kebisingan suara.

  1. Suara Mendengung atau Melengking

Jika hal diatas tetap tidak berpengaruh, maka terdapat masalah lain. Jika suara yang dikeluarkan berdengung, maka bisa menjadi satu masalah yang ringan, coba untuk periksa hard drive kamu dan proses apa yang sedang berjalan sebelum kamu melanjutkan memakai laptop atau PC kamu.

Kemungkinan yang kedua adalah keluarnya suara coil, yang terjadi ketika koil di komponen kamu mulai bergetar pada frekuensi yang tepat untuk mulai membuat suara yang mengganggu. Pada PC gaming biasanya suara coil berasal dari kartu grafis saat melakukan banyak pekerjaan.

Kamu dapat mengurangi pengaturan grafis atau mengaktifkan CSync untuk meringankan beban dari suara yang dihasilkan.

Itulah Kemungkinan masalah dari suara-suara yang berasal dari laptop atau PC kamu berikut dengan solusi nya. Kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.