Pernah kah mengalami layar laptop freeze? Apa yang kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut? Nah Kali ini Pemmztechie akan melihat beberapa cara untuk mengetahui dan memperbaiki penyebabnya.

  1. Pemecahan masalah perangkat lunak

Cobalah gunakan untuk pintasan keyboard CTRL + SHIFT + ESC untuk membuka task manager, lalu pilih tab “performance”. Di windows 8.1 dan 10, kamu perlu mengklik tautan “more detail” di bagian bawah task manager untuk melihatnya.

Mulai gunakan perangkat kamu seperti biasa, perhatikan kategori CPU, memori, dan disk. Jika perangkat mu freeze maka bisa menjadi jawaban. Catat area nya dan kemudian restart dan buka Task Manager lagi.

Pilih tab “Proses”. Urutkan daftar berdasarkan CPU, memori atau disk, mana yang tinggi dari terakhir laptop freeze dan lihatlah proses apa yang muncul di bagian atas daftar saat komputer atau laptop freeze. Yang akan memberi tahu kamu perangkay lunak apa yang sedang bekerja sehingga kamu dapat menghapus ataupun memperbaruinya.

Di perangkat kamu mungkin terdapat perangkat lunak tersembunyi seperti virus yang menyebabkan masalah. Pastikan untuk menjalankan pemindaian dengan perangkat lunak keamanan untuk menemukan sesuatu yang menyebabkan masalah.

Terdapat kasus komputer atau laptop freeze dalam mode normal selama proses startup berlangsung tetapi tidak freeze dalam keadaan safe mode, maka terdapat masalah pada program yang memuat selama boot berlangsung. Gunakan program autorun untuk selektif menonaktifkan program yang dimulai pada startup dan yang menyebabkan masalah.

Jika komputer atau laptop kamu freeze saat memulai dan pada titik yang sama, maka masalahnya berupa kerusakan pada windows atau masalah perangkat keras. Cobalah untuk mengambil live CD untuk sistem operasi seperti linux mint atau tails dan coba untuk boot dengan itu untuk mengetahuinya.

Kalau sistem operasi melakukan booting dengan baik maka kamu mungkin melihat masalah pada windows dan perlu untuk menginstall ulang. Jika sistem operasi non windows mengalami masalah, maka inilah saatnya untuk melihat perangkat keras kamu.

  1. Pemecahan Masalah Perangkat Keras

Komputer atau laptop yang freeze dalam mode normal atau mode aman, ataupun dengan sistem operasi lain, menandakan bahwa ada masalah dengan perangkat keras. Bisa jadi hard drive kamu atau CPU yang panas, memori yang buruk, motherboard dan yang lainnya.

Gunakan program seperti CrystalDiskInfo untuk memeriksa S.M.A.R.T data untuk tanda-tanda kegagalan yang akan datang. Program seperti speedfan dapat memberi tahu kamu jika prosesor komputer atau laptop terlalu panas, atau jika voltasenya berfluktuasi berarti catu daya yang bermasalah.

Jika kamu ingin memeriksa lebih medalam, cobalah untuk menggunakan CD diagnostic seperti CD Boot Ultimate FalconFour. Kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.