Pernah nggak sih kalian lagi buka aplikasi, main game atau yang lain, dan seketika laptop nge freeze? Udah coba geser kursor, klik tombol keyboard, tetap tidak mempengaruhi apa-apa?

Apasih yang akan kalian lakukan ketika mengalami hal tersebut? Beberapa orang mungkin mencoba melakukan restart pada perangkat nya atau mencabut kabel daya komputer. Tapi cobalah untuk menekan tombol daya laptop selama 5 hingga 10 detik dan laptop akan memulai ulang dengan gangguan yang lebih sedikit.

Selanjutnya ketika laptop dihidupkan kembali, ada beberapa kemungkinan yang terjadi, terdapat 3 hal umum dan solusi atau langkah yang kamu lakukan.

  1. Laptop mulai membaik

Jika laptop menyala dengan baik, segeralah untuk back up data kamu yang penting, untuk berjaga-jaga apakah ada masalah serius yang akan terjadi. Jika tidak dengan sigap melakukan hal tersebut, kamu bisa kebingungan karena mencari cara untuk mendapatkan file di laptop yang mati.

  1. Laptop menanyakan cara boot

Saat kamu merestart, laptop mungkin memberi tahu bahwa terdapat kesalahan dengan windows dan menanyakan apakah kamu ingin menggunakan laptop dengan mode normal atau mode aman. Yang harus kamu lakukan adalah memilih mode normal, dan back up lah data anda dan gunakan laptop untuk melihat apakah laptop freeze kembali atau tidak.

Jika kedua kali nya laptop kembali freeze, cobalah untuk boot dalam “Mode aman dengan jaringan.” Cobalah gunakan laptop dengan mode ini dan lihat apakah laptop freeze kembali. Jika iya, maka kamu bisa melihat hal ini terjadi karena perangkat lunak atau perangkat keras.

Jika tidak freeze saat menggunakan safe mode, maka kemungkinan masalah ada pada perangkat lunak.

  1. Laptop freeze kembali

Jika laptop kamu freeze kembali segera lakukan boot, baik dalam mode normal atau mode aman, kemungkinan masalah yang terjadi pada perangkat kamu adalah pada perangkat kerasnya.

Nah itu dia penyebab, dan kemungkinan yang terjadi ketika kamu mencoba untuk merestart perangkat di permasalahan ini. Kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.