Untuk para pengguna MacBook pernahkah kamu mengalami masalah pada voltase? Masalah voltase yang dibicarakan adalah MacBook bergetar saat disentuh, ini terjadi ketika MacBook sedang di charge maka akan terasa terdapat arus atau tegangan mengalir melalui tangan atau jari kamu saat menyentuh MacBook, terutama di kiri atau kanan di samping trackpad.

Hal ini dihasilkan karena kurangnya landasan listrik yang memadai dari MacBook. Adaptor daya tidak memiliki saluran listrik tambahan, sehingga terasa di jari kamu saat MacBook bergetar jika disentuh saat mengisi daya.

Ini adalah konsekuensi normal dari bagaimana adaptor daya dibuat, tidak ada sambungan listrik langsung antara sumber listrik dan sisi laptop tegangan rendah dari adaptor. Mereka benar-benar terisolasi satu sama lain oleh induktor daya, yang berarti tidak ada sambungan listrik langsung antara ground stopkontak AC dan chasis laptop.

Masalah ini sangat umum terjadi karena casing logam dari MacBook itu sendiri, laptop lain dengan casing plastik biasanya tidak bermasalah. Sebenarnya masalah ini tidak berbahaya tetapi pengguna dapat merasakan seperti kesemutan dalam keadaan tertentu.

Berikut cara memperbaiki getaran mikro MacBook saat mengisi daya:

  1. Beli Kabel Adaptor daya dengan colokan Pin 3. Hal ini disebut kabel ekstensi adaptor daya apple.
  2. Ganti steker 2 pin asli dengan kabel ekstensi adaptor daya Apple
  3. Letakkan jari anda ke kiri dan kanan di samping trackpad, dan cobalah untuk mengetes nya apakah getaran mikro hilang atau tidak.
  4. Untuk validasi sukses, coba ulangi untuk substitusi apakah getarann mikro kembali atau tidak.

Solusi untuk menghilangkan getaran mikro pada Macbook adalah dengan menggunakan kabel ekstensi yang diarde dengan cabang daya, tetapi apple tidak lagi memberikan kabel dengan tiga cabang, sehingga kamu harus membeli nya secara terpisah.

Semoga hal ini dapat membantu kamu yang sedang mengalami permasalahan seperti diatas, jika kamu masih merasa bingung untuk permasalahan ini kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.