Apakah kamu pernah mengalami PC atau laptop Windows kamu sering terkunci secara otomatis? Hal tersebut terjadi karena beberapa pengaturan komputer memicu layar untuk mengunci windows 11/10, bahkan hal itu bisa terjadi ketika kamu membiarkannya tidak aktif di waktu yang singkat.

Jika kamu mengalami permasalahan ini, maka kamu perlu menonaktifkan lock screen agar tidak muncul secara otomatis, ikuti langkah dibawah ini:

  1. Nonaktifkan atau ubah pengaturan pada batas waktu lock screen

Kamu perlu menonaktifkan lock screen, dengan menggunakan ultimate windows tweaker, kamu bisa menemukan nya dengan pilih pengaturan untuk nonaktifkan lock screen dibawah kustomisasi, lalu pilih UI modern dan yang terakhir pilih lock screen

  1. Nonaktifkan kunci dinamis

Selain bisa menggunakan PIN atau password pada perangkat, kamu juga bisa menggunakan Dynamic Lock. Hal ini berguna bagi kamu yang terus lupa untuk mengunci perangkat. Kunci dinamis ini menggunakan perangkat Bluetooth, yang dimana setiap kali perangkat Bluetooth berada di luar jangkauan, laptop akan terkunci

Pastikan perangkat berada di dekat kamu, atau kamu bisa menghapus tanda ceklis pada opsi “Izinkan windows” untuk mengunci perangkat kamu secara otomatis ketika kamu pergi.

  1. Nonaktifkan blank screensaver

Jika kamu menggunakan screensaver, pastikan untuk tidak menyetel nya kedalam bentuk kosong. Karena kamu tidak bisa mengetahui ketika screensaver sedang berjalan atau tidak.

Coba untuk mengetik screensaver di pencarian, lalu klik ubah screensaver di bawah, lalu periksa apakah screensaver di perangkat kamu disetel dalam bentuk kosong, jika iya, maka ubah ke tidak ada. Setelah itu terapkan dan keluar.

  1. Ubah batas waktu timeout tanpa pengawasan sistem

untuk hal ini tersedia di bawah pengaturan dayam pengaturan batas sleep timeout tanpa pengawasan sistem adalah batas waktu sebelum sistem kembali ke kondisi low power sleep.

Waktu default diatur ke 2 menit untuk keduanya, ketika menggunakan baterai dan dicolokkan. Setelah itu ubah ke nilai yang lebih tinggi, agar PC tidak terlalu cepat masuk ke mode sleep.

Jika pengaturan tidak muncul di pengaturan daya, kamu tidak dapat menambahkannya secara manual menggunakan powershell dan registry.

Itu dia cara menghentikan laptop yang suka mengunci secara otomatis, jika kamu masih merasa bingung untuk permasalahan ini kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.