SD Card kamu nggak muncul di Windows File Explorer saat kamu mencolokkan ke PC Card Reader? Hal tersebut terjadi karena masalah windows yang umum dan mudah untuk diperbaiki.

Pemmztechie kali ini akan menjelaskan cara memperbaiki SD Card kamu yang tidak terdeteksi, kamu bisa mencoba melakukan cara-cara dibawah ini:

  1. Update Driver

Penyebab yang paling umum SD card tidak terdeteksi adalah karena driver pembaca kartu yang salah atau sudah lama. Hal pertama yang kamu lakukan yaitu memeriksa apakah driver yang kamu punya dalam keadaan baik, kamu bisa memeriksa secara manual atau otomatis.

Pembaruan driver secara manual, kamu bisa melakukan nya dengan mengunjungi situs web produsen dan mencari driver yang terbaru. Untuk beberapa driver kamu perlu mencoba pabrikan PC kamu dan juga pabrikan pembaca kartu kamu sendiri. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk update secara manual, kamu bisa melakukannya secara otomatis dengan Driver Easy.

Pembaruan driver secara otomatis, dengan menggunakan driver easy yang akan secara otomatis mengenali sistem kamu dan menemukan driver yang tepat untuk card reader kamu. Sehingga kamu tidak perlu tahu sistem apa yang dijalankan di laptop atau PC kamu. Sehingga tidak perlu mengambil resiko mengunduh dan menginstal driver yang salah dan tidak perlu khawatir membuat kesalahan saat menginstal.

Caranya dengan:

  • Pertama kamu harus mengunduh dan menginstall Driver Easy
  • Jalankan driver easy dan klik tombol scan now. Driver easy kemudian akan memindai laptop atau PC kamu dan mendeteksi driver yang bermasalah.
  • Klik tombol update di sebelah semua perangkat yang telah ditandai untuk mengunduh dan menginstal versi driver yang benar secara otomatis.
  1. Bersihkan SD Card & Reader

Penyebab lain yang umum jika SD card kamu tidak terbaca adalah karena SD card yang kotor atau card reader yang berdebu. Sehingga hal tersebut menyebabkan kontak yang buruk antara card dan reader.

Jadi cobalah untuk membersihkan SD card kamu dan mencoba nya lagi. Cara membersihkannya dengan mencelupkan kain katun kedalam sedikit alcohol atau air, usap perlahan bagian yang kotor, perhatikan pada kontak logam. Untuk membersihkan card reader gunakan perangkat udara untuk meniup debu keluar dari pembaca.

  1. Periksa apakah card reader ter-disable

Untuk memeriksa hal ini cobalah untuk restart PC atau laptop kamu, setelah itu pada splash screen carilah instruksi yang memberitahu kamu untuk menekan tombol tertentu pada keyboard untuk masuk ke “BIOS”.

  1. Uji SD Card kamu di PC lain

Jika SD Card kamu rusak, maka PC atau laptop kamu tidak akan mengenalinya, sehingga kamu harus memeriksa dengan mencari PC lain dengan card reader dan menguji SD Card kamu di komputer itu, untuk melihat apakah berfungsi atau tidak.

Jika kamu sudah mencoba di laptop atau PC kamu di laptop lain dan tidak berrfungsi maka kamu harus mengganti SD card yang kamu punya, jika berhasil di komputer maka berarti card reader kamu yang rusak bukan SD card.

  1. Nonaktifkan dan aktifkan kembali card reader

Kamu bisa mencoba cara ini dengan melakukan:

  • Pada keyboard coba untuk menekan Win+R secara bersamaan untuk menjalankan kotak run
  • Setelah itu coba ketik devmgmt.msc di kotak run dan klik OK
  • Perluas kategori “Memory Technology Devices”. Klik dua kali pada card reader.
  • Buka tab driver, klik nonaktifkan perangkat.
  • Ketika diminta untuk menonaktifkan perangkat, klik ya
  • Klik dua kali pada card reader untuk membuka windows properties.

Itu dia solusi dan langkah-langkah ketika SD Card kamu tidak terdeteksi. Bagaimana tertarik untuk mencoba dan memeriksa nya sendiri atau kamu juga bisa langsung konsultasikan ke nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.