Pernah kah kamu mengalami layar laptop kamu tiba-tiba menjadi buram dan terdistorsi? Hal tersebut terjadi karena dua kemungkinan, yaitu masalah pada perangkat lunak atau masalah pada perangkat keras.

Masalah pada perangkat lunak bisa disebabkan karena grafis yang rusak ataupun virus, untuk masalah pada perangkat keras bisa menyebabkan permasalahan lebih buruk dan menunjukkan bahwa fisik monitor perlu diganti.

Jika masalah yang kamu alami berkaitan dengan perangkat keras, maka kamu harus menghubungi produsen nya. Jika berkaitan dengan masalah perangkat lunak, terdapat beberapa solusi atau cara untuk memperbaiki nya.

Berikut Pemmztechie akan jelaskan mengenai cara untuk memperbaiki laptop buram dan terdistorsi yang disebabkan oleh perangkat lunak.

Langkah-langkah memperbaiki laptop buram:

  1. Ubah Resolusi Laptop/PC

Cara ini adalah yang paling sederhana, kamu bisa memulai dengan klik kanan pada desktop kamu dan klik kiri “properties” atau “personalize”, lalu klik pada “Display Settings”. Setelah itu akan muncul tab lain dengan sliding bar, yang akan mengubah resolusi laptop atau PC kamu. Selanjutnya ubah slider satu tingkat dan klik kiri pada tombol “apply”. Layar kamu akan mati sementara dan akan menyala kembali.

  1. Tentukan nama dari video card

Untuk melakukan hal ini kamu perlu untuk klik kanan pada ikon “My Computer” di desktop kamu, lalu klik kiri “Manage”. Di sisi kiri desktop klik kiri, klik “Device Manager”. Selanjutnya di sisi kanan display, klik dua kali pada “Display Adapters”. Maka akan muncul item baru dibawahnya, yang merupakan nama dari video card kamu.

  1. Temukan driver terbaru

Driver adalah perangkat lunak khusus yang digunakan oleh perangkat keras, seperti video card, untuk berkomunikasi dengan laptop atau PC. Tetapi seiring berjalannya waktu terkadang hal tersebut menjadi rusak dan menyebabkan permasalahan-permasalahan pada layar.

Cobalah untuk membuka pencarian google, dan ketik kata-kata persis yang kamu temukan diatas dan tambahkan “driver” di akhir dan lakukan pencarian. Pilihlah hasil lima teratas, jika kamu menemukan driver, maka cobalah untuk mengunduh dan menginstall.

  1. Putar Kembali Driver

Hal ini sebenarnya cara lain dari mencari driver baru, yaitu dengan kembali ke driver yang sebelumnya. Jika kamu sudah memiliki driver terbaru atau tidak dapat menemukan yang baru, driber yang lama mungkin lebih stabil dan cara tercepat untuk permasalahan ini.

Caranya kembali ke “Display Adapter” dari langkah ke 2. Lalu klik kanan pada nama video card dan klik kiri pada opsi “properties” yang muncul dari menu. Klik kiri pada tab “Driver di desktop baru, lalu klik kiri pada “Roll Back Driver”.

Nah itu dia solusi-solusi yang bisa Pemmztechie berikan untuk kamu, Jika kamu mengalami kerusakan seperti diatas dan tidak bisa memperbaiki sendiri kamu bisa langsung konsultasikan ke nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.