Mikrofon sendiri adalah salah satu perangkat in[ut utama yang digunakan dalam laptop ataupun PC yang berguna untuk memerintahkan komputer melakukan tugas tertentu. Apalagi dalam situasi pandemi ini karena semua berjalan secara hybrid atau daring, terntunya meeting, belajar, bahkan mengobrol dengan teman sering kali dilakukan dengan laptop.

Banyak juga pengguna yang memiliki masalah pada mikrofon laptop yang tidak berfungsi dengan normal, jika kamu sedang mengalami masalah ini, kamu tidak perlu khawatir karena Pemmztechie kali ini akan menjelaskan apasih penyebab dan solusi terkait permasalahan terssebut.

Periksa Mikrofon dalam Keadaan Berfungsi atau Tidak

Tentunya sangat penting untuk memeriksa apakah mikrofon di laptop dalam keadaan berfungsi atau tidak, proses untuk mengecek mic di laptop sangatlah mudah. Kamu harus mengikuti langkah-langkah yang diberikan agar memahami prosesnya, caranya adalah dengan:

  • Temukan ikon “Audio” di sudut kanan bawah layar laptop kamu.
  • Selanjutnya pilih “Open Sound Settings”, hal tersebut yang mengatur pengaturan suara PC Windows kamu
  • Kemudian cari kebawah dan kamu akan melihat “test your microphone” dan “Settings App” yang akan langsung menguji mikrofon kamu yang ditampilkan seperti bilah volume di bawah teks.
  • Jika mikrofon kamu berfungsi dengan baik, kamu perlu memeriksa apakah kamu telah mengizinkan semua aplikasi untuk mengakses mikrofon di laptop kamu, sehingga kamu bisa memperbaiki masalah mikrofon. Tetapi jika kamu sudah mencoba nya dan mikrofon tetap tidak berfungsi maka disaranjan untuk memecahkan masalah hardware.

Langkah yang pertama adalah untuk memeriksa apakah kamu telah mengizinkan semua aplikasi yang memiliki akses untuk menggunakan mikrofon, untuk mengizinkan aplikasi menggunakan mikrofon, simak langkah-langkah dibawah ini:

  • Tekan tombol “windows logo di keyboard kamu dan ketik “microphone”
  • Kemudian klik “Microphone Privacy Settings”
  • Dibawah pada bagian “Allow apps to access your microphone” pastikan sakelar ada dalam keadaan “on” sehingga kamu bisa mengizinkan apps untuk mengakses mikrofon.
  • Setelah itu geser kebawah ke bagian “Choose which apps can access your microphone” dan pasyikan sakelar untuk aplikasi yang kamu gunakan sudah “on” untuk mikrofonnya.
  • Yang terakhir kamu harus memeriksa apakah mic sudah berfungsi atau tidak. Jika masih belum teratasi maka cobalah untuk mengatasi masalah pada hardware.

Masalah pada Hardware

Jika kamu ingin memecahkan masalah pada hardware, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memecahkan masalah kamu pada mikrofon internal:

  • Di sudut kanan bawah layar laptop kamu klik pada ikon “Audio”
  • Setelah itu pilih “Open Sound Settings”. Hal tersebut akan membuka pengaturan suara untuk PC/ laptop windows kamu.
  • Kemudian geser kebawah dan pilih opsi “Test Your Microphone” dan dibawahnya kamu akan menemukan “troubleshoot”
  • Klik hal tersebut dan ketika di klik akan memulai mendeteksi permasalahannya.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memecahkan masalah pada mikrofon eksternal:

  • Hubungkan perangkat mikrofon kamu ke port lain di laptop kamu. Jika mikrofon berfungsi di port lain, ini menunjukkan bahwa masalah ini mungkin disebabkan oleh port yang rusak.
  • Jika mikrofon kamu masih tidak berfungsi hubungkan perangkat mikrofon kamu ke komputer lain, jika berfungsi di PC lain maka kamu harus menservis laptop kamu karena terdapat masalah di hal lain.

Nah itu dia langkah-langkah untuk kamu, semoga artikel ini membantu kamu ya ketika memiliki permasalahan yang sama seperti diatas ini. jika kamu mengalami kerusakan seperti diatas dan tidak bisa memperbaiki sendiri kamu bisa langsung konsultasikan ke nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089