Bad Sektor sendiri adalah masalah ketika salah satu sector dalam hard disk yang mengalami kerusakan dan menjadi tidak merespon perintah untuk membaca ataupun menulis dari laptop.

Penyebab nya terjadi karena beberapa faktor, kamu bisa melihat di artikel Pemmztechie yang sebelumnya, dan kali ini Pemmztechie akan menjelaskan langkah-langkah yang lebih lengkap untuk memperbaiki bad sector.

  1. Lakukan Disk Check

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek terlebih dahulu operasi windows dengan Disk Check tool. Tools itu berguna untuk menemukan bagian yang mengalami bad sector dengan memindai hard disk. Jika yang bermasalah tipe soft bad sector maka disk check akan memperbaikinya. Jika masalah bad sector yang lebih rumit maka windows akan menjalankan disk check secara otomatis, ketika kamu menyalakan laptop.

Pertama buka windows explorer, lalu klik kanan di drive yang ingin kamu cek, dan klik properties. Pindah ke tab tools dan klik tombol check now pada bagian Error checking. Nanti nya akan muncul kotak dialog kevil dengan dua opsi, ceklis kedua opsi untuk mengecek dan memperbaiki bad sector secara keseluruhan. Jika kamu ingin mengecek, maka ceklis yang pertama. Jika drive yang kamu cek sedang digunakan, maka kamu tidak bisa mengecek nya. Setelah memastikan kamu tidak memakai nya, klik tombol start untuk memulai proses untuk mengecek dan memperbaiki.

Proses pengecekan ini bisa berlangsung cukup lama tergantung dari kapasitas hardisk dan jumlah data di dalamnya.

  1. Gunakan EaseUS Partition Master

Kamu juga bisa menggunakan software EaseUS Partition Master, software tersebut dapat membantu kamu memeriksa bad sector secara langsung pada hardisk, dan compatible di beberapa windows.

Kamu harus meng klik kanan pada disk yang ingin di periksa, setelah itu klik “Surface Test”. Software akan bekerja dan menampilkan hasil bad sector yang ditandai dengan warna merah. Jika proses telah selesai kamu bisa mengetahui seberapa banyak sector buruk yang ada dalam perangkat hard disk.

Sekarang kamu tahu solusi untuk memperbaiki bad sector pada hard disk kamu, backup data kamu yang penting agar tidak hilang. Jagalah laptop kamu dan rawat dengan benar, jika kamu mengalami kerusakan seperti diatas dan tidak bisa memperbaiki sendiri kamu bisa langsung konsultasikan ke nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089