Dead Pixel atau Stuck Pixel tentunya sangat mengganggu para pengguna nya. Hal tersebut tentunya mengganggu pada layar TFT, OLED maupun LCD karena mengganggu penglihatan kamu tentu nya ketika bekerja maupun sekedar santai menonton film.

Berikut Pemmztechie jelaskan langkah ketika mengalami Stuck Pixel untuk kamu yang sedang mengalami permasalahan ini:

  1. Pastikan pixel hanya macet, bukan mati

Pixel macet ternyata masih bisa diperbaiki sedangkan pixel yang mati susah untuk diperbaiki. Stuck Pixel sendiri menunjukkan warna tertentu, bukan hanya hitam saja.

Biasanya pixel mati itu berwarna hitam dan putih pada warna layar, Pixel putih biasanya dinamakan dengan pixel panas, karena identik karena layar mati.

Untuk mengatasi solusi ini tentunya kamu perlu membawa ke ahli servis profesional dan diganti.

  1. Memahami cara kerja pixel

pixel sendiri menampilkan kombinasi warna merah, biru dan hijau yang menyatu dengan layar. Pixel macet terjadi karena berbagai macam alasan, seperti layar yang sering dipakai. Pixel mati juga tidak akan berubah warna.

  1. Istirahatkan Monitor selama 24 Jam

Istirahatkan monitor selama 24 jam, karena kemungkinan pixel macet terjadi karena pemakaian laptop yang terlalu lama sehingga menyebabkan perangkat bekerja dengan lebih keras. Lepaskan kabel daya monitor juga jika sedang meng istirahatkan laptop.

  1. Pixel bisa kembali berfungsi

Pixel macet ini tidak jarang bisa kembali berfungsi setelah beberapa waktu. Sehingga cobalah untuk menunggu sebentar, dan jangan coba untuk memperbaiki nya sendiri. Biasanya ini bisa memakan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari.

  1. Gunakan perangkat lunak

Terdapat program perangkat lunak yang dengan cepat dapat mengubah warna. Yang jika ditempatkan di area pixel yang sedang macet, program akan terus menerus meminta pixel yang macet untuk mengubah warna.

Itu dia Langkah-langkah, penjelasan dan solusi mengenai Stuck Pixel yang bisa Pemmzetchie jelaskan untuk kamu. Yuk jaga laptop atau PC kamu mulai sekarang agar terhindar dari kerusakan-kerusakan yang ada.