Beberapa orang pernah mengalami permasalahan laptop bunyi saat dinyalakan, hal ini terjadi ketika laptop dinyalakan dan hidup dalam beberapa saat dan sebelum sampai ke halaman desktop, laptop menjadi macet dan mengeluarkan bunyi.

Ketika laptop belum menyala dan tampilan masih gelap pun terkadang bisa mengeluarkan bunyi, sehingga proses booting pada komputer atau laptop menyangkut dan tidak bisa berlanjut ke desktop.

Penyebab laptop bunyi saat dinyalakan adalah karena kotoran dan debu yang masuk kedalam perangkat. Yang paling bahaya adalah ketika debu sudah masuk kedalam keyboard sehingga bisa menyebabkan laptop bunyi saat dinyalakan.

Hal lain yang menyebabkan adalah karena laptop jarang dipakai, karena barang elektronik yang jarang dipakai bisa menyebabkan laptop cepat rusak.

Ini bisa berdampak semakin parah jika ditaruh ditempat yang lembab, seperti lemari, dibawah Kasur, atau ruangan seperti gudang.

Suhu yang lembab ini bisa menyebabkan kerusakan pada jalur keyboard dan bisa merusak komponen motherboard sehingga terjadi korosi atau karatan yang ajan berakibat fatal untuk perangkat kamu.

Terdapat berbagai macam jenis bunyi yang muncul pada laptop ketika dinyalakan, berikut Pemmztechie akan jelaskan:

  1. Terdapat Bunyi Beep pada Laptop

Terdapat bunyi beep 1 kali yang berulang ataupun pendek, yang disebabkan dari masalah listrik yang berasal dari komponen. Masalah ini terjadi karena disebabkan oleh daya input yang tidak stabil.

Solusi nya kamu harus memeriksa charger atau konektor dan juga kabel, lalu coba untuk meluruskan kabel yang tertekuk. Setelah itu cek juga baterai nya dan bisa juga untuk cek kalibrasi pada baterai.

  1. Terdapat Bunyi Tut Panjang Ketika Laptop Dinyatakan

Jika terdapat bunyi tut panjang saat laptop dinyalakan, berarti terjadi masalah pada laptop kamu. Solusi yang bisa dilakukan yaitu melepas baterai laptop, melepaskan RAM, dan kemudian lepas keyboardnya.

Ketika sudah dilepas, bersihkan dari kotoran dan juga debu sampai bersih, lalu diamkan untuk dikeringkan, dan pasang kembali keyboardnya.

Jika berhasil, bunyi nya pun hilang dan laptop bisa berjalan dengan normal. Jika tetap tidak berhasil, maka kamu harus mengganti dengan keyboard yang baru.

Itu dia artikel Pemmztechie kali ini, jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan dan semoga artikel ini membantu kalian jika memiliki masalah ini ya.