Laptop tentunya memiliki berbagai macam masalah, baik seiring umur laptop ataupun penggunaan yang kurang baok. Salah satu permasalahan laptop yang paling umum adalah terserang virus. Jika laptop terkena virus tentunya bisa membuat performa laptop menjadi lambat, file yang tidak terbaca bahkan bisa sampai hilang.

Berikut Pemmztechie jelaskan macam-macam Virus yang berbahaya:

  1. Virus Worm

Virus ini bekerja dengan menginfeksi laptop menggunakan email yang terhubung dalam jaringan internet. Virus ini juga bisa menggandakan diri, dan bisa membuat file menjadi teracak pada laptop yang membuat memori penyimpanan menjadi cepat penuh dan sistem komputer yang menjadi rentan.

  1. Virus Trojan

Virus jenis ini muncul melalui jaringan internet dan email yang diterima, Virus Trijan ini memiliki kemampuan dapat memperoleh informasi password, data, dan dapat mengendalikan sistem.

  1. Virus Multipartile

Virus ini dapat menginfeksi sistem operasi dan program tertentu yang apabila tidak diatasi secara cepat akan memahayakan RAM dan hardisk.

  1. Virus Web Scripting

Virus ini muncul ketika komputer tersambung dengan internet dan mengganggu program dalam laptop.

  1. Virus FAT

Virus ini tersembunyi didalam tempat penyimpanan data pribadi dan mampu merusak file tertentu. Virus ini bisa menyembunyikan file sehingga terlihat jika file terhapus dan hilang.

  1. Virus Memory Resident

Menginfeksi RAM dan program, sehingga dapat membuat kinerja laptop lambat. Virus ini sendiri aktif ketika laptop dinyalakan dan mengakibatkan program berjalan tidak normal.

  1. Virus Backdoor

Sebenarnya virus ini sendiri mirip dengan Trojan, tetapi bentuknya serupa dengan file biasa seperti game. Virus ini bisa mengakses sistem, jaringan bahkan aplikasi, sehingga dinamakan backdoor virus.

Nah itu dia macam-macam virus yang bisa pemmztechie jelaskan untuk kamu, bagaimana nih jadi tau kan sekarang macam-macam virus? Yuk jaga laptop ataupun komputer kamu supaya terhindar dari virus-virus yang akan mengganggu sistem dari perangkat kamu!