Pernahkah kamu mengalami permasalahan seperti ketika menyalakan laptop dan sudah menekan tombol power tetapi laptop tidal bisa hidup?

Jika laptop kamu tidak mau hidup ketika sudah ditekan tombol power, berarti terdapat masalah pada power supply, hardware yang bermasalah, ataupun masalah pada layar. Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki laptop yang tidak mau hidup. Yuk disimak penjelasannya:

  1. Periksa Power Supply

yang pertama kamu harus memeriksa power supply dan baterai jika laptop tidak mau menyala, pertama periksa bagian power supply dahulu karena biasanya terdapat masalah seperti kabel yang rusak sehingga tidak bisa menyalurkan listrik.

Untuk menguji apakah terdapat masalah pada power supply kamu harus melepaskan baterai laptop, kemudian colok laptop ke stopkontak, dan dilihat jika berfungsi maka masalahnya bukan pada power supply, karena jika kamu bisa menyalakan laptop tanpa baterai terpasang maka permasalahannya ada pada baterai laptop.

Solusi atas hal ini adalah kamu harus selalu mencolokkan kabel ketika ingin memakai laptop kamu. Tetapi sebaiknya untuk membeli baterai laptop yang baru.

  1. Masalah pada layar

Jika Power Supply kamu berfungsi, maka terdapat masalah yang lainnya, yuk cek dengan melepaskan semua perangkat eksternal seperti proyektor dan monitor untuk memastikan perangkat tersebut tidak mengganggu proses startup laptop.

Jika tombol daya menyala dan kamu bisa mendengar suara kipas tetapi tidak ada gambar yang keluar, maka coba untuk matikan lampu untuk melihat apakah terdapat tampilan layar walaupun sangat samar. Apabila kamu menemukan gambar yang sangat redup, maka inverter layar kamu bermasalah dan harus mengganti nya.

  1. Hilangkan semua perangkat dari laptop

Jika kamu pernah meninggalkan kartu memori, DVD, atau drive USB, hal ini bisa menjadi alasan kenapa laptop kamu menjadi tidak menyala. Permasalahan ini bisa terjadi karena kemungkinan macet karena BIOS yang mencoba melakukan booting dari perangkat penyimpanan yang daoat dilepas. Jadi coba untuk melepaskan perangkat yang masih terpasang dan restart laptop kamu.

  1. Boot dalam Mode Aman

Jika laptop kamu tidak hidup, mode aman memungkinkan kamu untuk menghapus program atau driver yang dapat mempengaruhi laptop, dan memungkinkan kamu untuk membuat akun pengguna baru jika akun kamu rusak.

  1. Periksa Perangkat Keras

Jika kamu baru saja menginstal perangkat keras seperti RAM ataupun yang lainnya, bisa saja itu bisa menjadi penyebab masalah boot kamu. Coba untuk menghapus dan menginstall ulang perangkat keras yang sebelumnya.

Itu dia yang bisa Pemmztechie bagikan untuk kalian, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu dan dapat membantu kamu.