Laptop sendiri ketika digunakan terlalu lama atau karena umur yang sudah tua akan membawa masalah-masalah, seperti baterai, lcd, keyboard, dll. Salah satu masalah yang lain adalah laptop sering mengalami restart sendiri.

Ketika laptop sering kali terestart sendiri tentunya akan membuat pekerjaan menjadi terhambat, baik ketika menulis, membuat desain, proses editing, dll. Bukan hanya pekerjaan saja yang menjadi terhambat tetapi ketika sedang santai menonton film pun juga sangay mengganggu.

Karena disaat-saat seperti itu ketika laptop restart sendiri bisa membuat hasil pekerjaan yang sebelum nya menjadi hilang karena belum sempat tersimpan, dan membuat kita menjadi mengulang pekerjaan.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab laptop kamu restart sendiri, dan terdapat cara mengatasi penyebab tersebut. Kali ini Pemmztechie akan memberikan kamu informasi mengenai penyebab dan solusi kenapa laptop sering restart dengan sendirinya.

  1. Processor Overheat

Jika laptop kamu terlalu panas dan menyebabkan processor menjadi panas hal itu bisa menjadi laptop kamu seringkali restart dengan sendirinya. Kondisi overheat pada prosesor bisa disebabkan karena adanya debu, thermal paste yang sudah kering dan storage laptop yang sudah hampir penuh.

Solusi menangani penyebab tersebut adalah untuk membersihkan debu-debu yang ada di laptop, pergantian thermal paste, perhatikan tempat penyimpan laptop.

  1. Terdapat Virus

Penyebab selanjutnya adalah karena terdapat virus di laptop kamu, virus yang membuat kerja memori menjadi terbebani karena melakukan proses yang sama berulang kali dan berdampak membuat laptop menjadi sering restart dengan sendirinya.

  1. RAM yang rusak

Ketika laptop sering restart sendiri dan kemudian sudah di cek bahwa hardware tidak bermasalah, tetapi cobalah untuk mengganti RAM laptop kamu karena ada kemungkinan RAM laptop yang sudah tidak bekerja dengan baik akan membuat laptop terdampak.

  1. Bad Sector pada hardisk

Penyebab yang terakhir adalah karena terdapat harddisk yang rusak, dengan kondisi ini dapat berdampak pada laptop kamu seperti bluescreen ataupun restart dengan sendirinya. Solusi nya adalah untuk melakukan scandisk secara berkala.

Itulah penyebab dan solusi yang telah dibahas di artikel Pemmztechie kali ini. Jaga dan rawat laptop kamu secara berkala supaya menghindari dari kerusakan-kerusakan ya. Kalian bisa membawa ke Pemmztechie untuk dilakukan pengecekan dan servis jika memiliki permasalahan-permasalahan laptop.