Di era saat ini sudah tersedia beberapa jenis layar monitor, seperti monitor tabung, LCD, Plasma dan LED. Layar yang paling banyak dipakai sampai saat ini adalah LED dan LCD.

Tetapi apakah layar LCD dan LED sama? Kalau tidak sama apasih yang membedakan kedua layar tersebut? Apa kekurangan dan kelebihan dari layar LCD dan LED?

Sebenarnya layar LCD dan LED tidak terlalu berbeda. LCD sendiri merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display, sedangkan LED adalah Light Emitting Diode.

Jenis Layar LCD menggunakan latar cahaya putih dengan jumlah yang banyak dan masing-masing titik cahaya tersusun atas sebuah Kristal cair. Meskipun disebut sebagai titik cahaya, Kristal ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya ini diperoleh dari lampu neon berwarna putih yang berada di belakang susunan Kristal cair. Titik cahaya ini yang membentuk sebuah tampilan grafis pada layar.

Layar LED sendiri hanya bisa mendapatkan cahaya jika panel mendapatkan arus listrik, sehingga cahaya yang diproduksi oleh layar LED sendiri lebih efisien.

LCD dan LED memiliki beberapa perbedaan, berikut Pemmztechie jelaskan mengenai perbedaan antara LCD dan LED

  1. Konsumsi Daya Listrik

Layar LCD dan LED memang diakui bahwa lebih hemat untuk hal listrik, karena material yang dipakai oleh masing-masing layar tidak membutuhkan banyak daya listrik. Diantara LCD dan LED, yang lebih hemat listrik adalah LED, karena LED hanya mengkonsumsi 20-30 % daya listrik.

  1. Ketebalan Layar

Untuk perbedaan ini cukup susah untuk dilihat oleh orang awam karena kedua layar ini menerapkan lapisan layar yang sama-sama tipis, tetapi sebenarnya layar LED berukuran lebih tipis dibanding LCD. Karena Hal ini merupakan efek dari penggunaan material LED di dalam layar. Karena perbedaan material maka membuat material luar mempunyai ukuran yang berbeda juga.

  1. Teknologi Back Light

Yang terakhir perbedaan dari LCD dan LED adalah teknologi backlight yang digunakan. Layar LCD sendiri penyinaran didapatkan dari Cold Cathode Flourscent Lamps (CCFL). Untuk layar LED mengandalkan materai Light Emiting Diode.

Karena perbedaan material ini bisa menyebabkan konsumsi listrik yang jauh berbeda antara layar LCD dan LED. Layar LED menghasilkan grafis dengan kualitas rasio yang lebih besar, dan itu membuat gambar LED lebih tajam, detail dan warna yang tinggi.

Kesimpulannya adalah Layar LED dan LCD adalah berbeda dari 3 point diatas, jadi bagaimana apakah kamu lebih suka dengan layar LCD atau LED?

Demikian artikel Pemmztechie kali ini, semoga dapat memberikan kamu pemahaman baru.