Memperbarui sistem operasi Mac memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Seringkali ketika kita sudah menunggu lama muncul informasi bahwa pembaruan gagal “macOS could not be installed on your computer” pastinya membuat kamu kesal dengan pesan tersebut.

Ada banyak penyebab kenapa instalasi macOS bisa gagal seperti

  1. Storage yang tidak cukup
  2. Korupsi file
  3. Masalah pada disk startup
  4. Perangkat keras yang tidak cocok

Jika instalasi sistem operasi mac kamu nggak bisa sekesai, dan kamu berada di situasi dimana installer terbuka kembali setiap kamu merestart laptop. Maka kamu harus mengikuti langkah-langkah yang akan Pemmztechie berikan:

  1. Boot mac ke safe mode

Kegunaan safe mode adalah untuk menghentikan berbagai program dari peluncuran ketika startup, termasuk pada saat installer macOS. Caranya restart Mac dan tahan tomvol shift saat dihidupkan, lepaskan ketika melihat logo Apple.

  1. Buat cadangan menggunakan time machine

Hal ini tetntunya penting sekali untuk membuat cadangan sebelum menginstal macOS. Karena tentunya dalam pembaruan bisa timbul berbagai kesalahan dan ada kemungkinan bahwa kamu perlu menghapus data mac sepenuhnya.

Membuat cadangan Time Machine dengan menyambungkan drive eksternal dan gunakan Time Machine. Time Machine ini adalah cara paling sederhana untuk melindungi semua data ke cadangan tambahan.

  1. Periksa kompatibilitas Mac di App Store

Periksalah kompatibilitas Mac kamu di App Store. Caranya dengan membuka App Store di Mac anda dan carilah versi macOS yang ingin kamu install. Klik aplikasi untuk melihat detailnya di App store dan scroll kebawah untuk ke bagian informasi.

App Store memberi tahu kamu apakah perangkat lunak nya berfungsi pada Mac atau tidak.

Jika tidak kompatibel maka kamu tidak dapat menginstall macOS tersebut.

Itu dia yang bisa Pemmztechie jelaskan mengenai kenapa macOS kamu tidak dapat diinstall pada perangkat laptop atau komputer kamu. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi untuk kalian.