Ada yang bertanya-tanya apasih kelebihan OS Linux itu? Apasih bedanya dengan Windows dan OS Lainnya? Dibanding bertanya-tanya yuk disimak penjelasan nya

  1. Tidak Berbayar

Sistem operasi linux sendiri tidak berbayar, dibandingkan dengan sistem windows yang tentu nya berbayar. Linux lebih terjangkau karena windows memiliki kisaran harga sekitar 3-5 Juta untuk satu lisensi. Apabila kamu menggunakan linux maka kamu akan terbebas dari sistem operasi bajakan, software crack, patch dan sebagainya. Kamu juga bisa memodifikasi OS Linux sesuai keinginan kamu.

  1. Lebih Aman

Kelebihan Linux yang kedua adalah Linux memiliki hak akses terbatas, yang artinya celah untuk masuk ke sistem Linux sangat minim. OS Windows sendiri keamanannya belum cukup sempurna karena seringkali tersusupi virus oleh file berkestensi yang didownload secara bebas di sebuah website.

  1. Kinerja yang Ringan

Kelebihan Linux selanjutnya yaitu kinerja linux yang ringan tetapi spesifikasinya tetap bisa dijalankan didalam sistem yang minimal. Untuk menginstall linux tidak membutuhkan spesifikasi yang besar. Hanya dengan sekitar 10 GB dan 512 harddisk sudah bisa menginstall.

  1. Banyaknya Tools Pentest Security

Sistem Operasi linux didesai untuk keamanan, dan kelebihan lainnya karena semua tools didalam linux gratis. Banyak tools yang sudah tersedia, bawaan maupun yang bisa di download. Sistem linux sendiri banyak digunakan oleh hacker.

  1. Kemudahan Dalam menginstal driver

kelebihan Linux adalah mudah untuk menginstal driver. Jika kamu menginstal sistem operasi Linux kamu tidak perlu lagi meng-install driver seperti yang biasa dilakukan saat menginstal sistem operasi pada Windows. Kenapa? Karena Linux memang sudah kompatibel dengan segala jenis prosesor di komputer atau laptop kamu.

  1. Terdapat banyak varian distro Linux

kelebihan sistem operasi terakhir adalah banyak varian distro yang disediakan gratis oleh Linux. Banyak developer yang membuat varian seperti diantaranya Ubuntu, Debian, Linux Min dan kali Linux.