Halo Sahabat Techie!

Mau tanya dong mengenai cara kalian dalam mencharger baterai laptop kalian, kira-kira kalian memasang kabel laptop dahulu atau memasang sumber listrik dahulu?

Emang kenapa sih min? bukannya sama aja ya? Eits mungkin selama ini kamu melakukan kebiasaan yang salah dalam charging laptop kamu. Kesalahan tersebut bisa berakibat menjadi berkurangnya masa pakai atau keawetan baterai laptop kamu loh.

Oleh karena itu kamu harus memperhatikan urutan yang tepat saat mencharger laptop kamu agar masa baterai bisa lebih awet. Urutan yang baik dalam mencharger laptop adalah memasang kabel pada laptop terlebih dahulu dan Lalu setelah itu menghubungkan charger ke sumber listrik.

Ketika kamu melepas charger, urutan yang baik adalah melepas terlebih dahulu kabel pada sumber alur listrik, baru setelahnya melepas kabel pada laptop kamu. Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk mencegah terjadinya arus pendek pada baterai.

Didalam charger laptop sendiri terdapat yang namanya trafo step down, dioda, kapasitor dan resistor. Yang dimana urutannya adalah listrik dari sumber arus masuk ke trafo stepdown untuk di turunkan tegangan listriknya, setelah itu listrik berlanjut jalan ke dioda. Didalam dioda listrik akan diubah dari tegangan bolak-balik menjadi tegangan searah. Yang selanjutnya akan melewati beberapa kapasitor dan resistor dengan tujuan listrik output menjadi stabil.

Apasih fungsi dari kapasitor dan resistor? Fungsi dari kapasitor yaitu untuk menyimpan arus listrik sebelum di teruskan dan fungsi resistor untuk menahan jika adanya arus listrik berlebihan. Kapasitor yang akan menyimpan listrik sementara yang berfungsi sebagai baterai kecil, dan arus listrik dikeluarkan perlahan-lahan. Tugasnya resistor adalah menahan listrik yang berlebih sebelum masuk ke baterai laptop.

Apasih tujuan dari urutan pemasangan? Tujuannya adalah afar listrik yang masuk ke baterai tidak masuk dan hilang sekaligus tetapi secara perlahan menjadi bertambah sampai berlanjut sesuai arusnya.

Jika baterai masuk sekaligus dalam keadaan jumlah yang besar, maka bisa menyebabkan resiko baterai bocor. Sama hal nya dengan melepas charger.

Itu dia pembahasan kali ini, menarik bukan informasi nya? Sekian dan Terimakasih.