Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat sekali. Hal itu membuat informasi tersebar dengan sangat cepat juga, yang membuat banyaknya informasi-informasi yang tidak terbukti kebenarannya.

Seperti edukasi mengenai laptop pun juga banyak terdapat informasi-informasi yang salah yang tersebar, sehingga hal tersebut membuat kesalahpahaman dari para audiens yang membacanya. Berikut Pemmztechie jelaskan mengenai mitos-mitos laptop yang ada, supaya kamu nggak salah lagi!

  1. Magnet Bisa Menghapus Data yang Ada di Laptop

Banyak para pengguna yang salah mengartikan hal mengenai sistem penyimpanan data magnetic yang diterapkan laptop, sehingga tersebar informasi kalau magnet dapat merusak data yang tersimpan di dalam hard drive laptop.

Hal ini tetntunya adalah mitos, karena di era teknologi yang sudah canggih ini, magnet yang umumnya hanya digunakan untuk keperluan rumah tidak akan bisa menembus perlindungan casing hard drive laptop kalian.

  1. Baterai Akan Rusak Jika Tidak Mencabut Charger yang Sudah Penuh

Siap disini yang percaya sama mitos yang satu ini? Iya mitos yang satu ini adalah mengenai laptop yang akan rusak ketika charger yang sudah penuh tidak segera di cabut. Laptop saat ini sudah dilengkapi dengan sensor khusus dimana sensor ini akan memberhentikan proses charging ketika baterai sudah penuh. Jadi kamu nggak perlu khawatir lagi tentang baterai yang akan overcharging.

  1. Harus Shut Down Laptop

Untuk mitos yang satu ini masih menjadi perdebatan karena ada yang meyakini bahwa hal ini mitos dan meyakini bahwa ini adalah fakta. Mematikan laptop sendiri ketika tidak terpakai memang hal yang baik karena akan mengurangi konsumsi listrik dan tidak membuat laptop menjadi panas.

Tetapi kesalahpahaman disini terjadi karena orang-orang percaya bahwa jika mematikan laptop akan membuat nya menjadi lebih awet dan umur nya bertahan lama. Fakta nya, laptop lebih sering mengalami kerusakan karena terlalu banyak debu atau karena kecerobohan dibandingkan karena terlalu sering dipakai.

  1. Baterai Kosong, baru di Charge

Laptop saat ini sudah menggunakan teknologi lithium-ion yang dimana baterai laptop lebih memiliki ketahanan yang baik dibandingkan dengan nikel. Baterai Lithium ini lebih awet kalau kalian nggak nunggu sampai benar-benar kosong baru di charge. Justru kebalikannya baterai lithium ini lebih cepat rusak.

Itu dia mitos-mitos yang mungkin pernah kamu dengar dan menjadi perbicangan umum. Yuk jadi netizen yang lebih cermat lagi dengan double check selalu informasi yang kamu dapetin ya. Semoga membantu kalian yaaa.