Waktu dalam penggunaan laptop seringkali berlebihan, karena sudah menjadi tuntutan untuk menyalakan laptop karena pekerjaan ataupun belajar. Karena penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai macam kerusakan. Walaupun sudah kamu hindari dengan merawat laptop mu tapi kerusakan memang tidak bisa dihindari.

Solusi yang harus dituju ketika laptop kamu rusak ya membawa nya ketempat servis laptop, tapi apasih kerusakan-kerusakan yang sulit diperbaiki atau di servis? Kali ini Pemmztechie akan membahas mengenai hal tersebut, yuk langsung aja dilihat

  1. Hardisk

Kerusakan hardisk pada bagian cylinder atau mekanik nya. Umumnya hardisk pada laptop berukuran lebih kecil yaitu 2,5”, yang dimana hal tersebut cenderung lebih rentan. Hardisk sendiri memiliki 2 tipe yaitu ATA & SATA.

  1. Inverter LCD

Terdapat bagian dari monitor LCD yang berfungsi untuk memberikan tegangan agar lampu CCFL (backlight) bisa menyala sehingga gambar di layar LCD menjadi terlihat. Peluang interver bisa diperbaiki adalah 50:50.

  1. Keyboard

Keyboard rusak dengan ciri-ciri tidak berfungsi total atau tombol tidak berfungsi sebagian besar. Untuk bebrapa keyboard ada yang bersifat knock down, yang artinya sulit untuk di bongkar pasang. Untuk tombol yang bentuk dan posisi nya berbeda-beda kemungkinan masih bisa.

  1. Chipset Mainboard

Jika chipset mainboard mati, error atau extreme overheat. Untuk platform intel biasanya terdiri dari 2 pasang, Nortbridge dan Southbridge. Chipset mainboard sendiri sangat rumit terpasang di mainboard. Jika Chipsetnya intel, maka VGA nya juga intel, yang membuat VGA terintegrasi di Northbridge. Maka jika VGA rusak, northbridge juga akan mengalami kerusakan dan membuat mainboard juga berhenti bekerja.

  1. Video Graphic Adapter

VGA sendiri adalah alat untuk memproses & menampilkan gambar agar bisa muncul di layar monitor (LCD). VGA notebook termasuk yang paling bermasalah karena apabila temperature tinggi atau panas bisa membuat mainboard berhenti bekerja.

Demikian yang bisa pemmztechie jelaskan ke kamu, semoga artikel ini dapat membantu kalian ya dan membuat kalian lebih berhati-hati dalam merawat laptop kalian.