Laptop atau Komputer memang sangatlah mudah untuk terinfeksi virus apalagi bagi anda para pengguna sistem operasi Windows. Keberadaan virus ini sangat merugikan pengguna laptop karena menyebabkan banyak masalah.

Saat ini sudah banyak sekali software antivirus, tetapi virus selalu berevolusi agar tidak terdeteksi oleh antivirus dan melakukan infeksi pada laptop dengan berbagai cara.

Pemmztechie kali ini akan membahas mengenai ciri-ciri laptop yang terkena virus dan bagaimana cara mengatasi virus. Berikut pembahasan lengkapnya.

  1. Kinerja laptop menurun

Ciri-ciri laptop terkena virus yang pertama bisa dilihat dari kinerja laptop semakin lambat. Hal ini terjadi karena virus menggunakan resource RAM dan prosesor laptop, sehingga kinerja laptop menurun.

  1. Antivirus mati

Virus merupakan perangkat lunak yang bisa merusak program dan bisa menonaktifkan antivirus. Jadi pastikan antivirus selalu hidup dan lakukan scanning virus secara berkala untuk menghindari virus.

  1. File hilang

Banyak file yang hilang merupakan salah satu laptop memiliki virus, karena virus bekerja dengan menyembunyikan file-file penting pada laptop.

  1. File banyak yang rusak atau corrupt

saat kamu menemukan bahwa file rusak atau corrupt, ini bisa jadi salah satu tanda virus sudah menyerang laptop kamu, yang harus kamu lakukan adalah merestore file seperti semula.

  1. Hardisk penuh

Virus juga suka membuat hardisk tiba-tiba penuh, karena ada beberapa virus yang bekerja dengan menduplikat file-file yang ada pada hardisk.

  1. Kinerja prosesor selalu penuh

Karena virus sudah menginfeksi laptop dan program terus berjalan membuat kinerja prosesor selalu tinggi, akibatnya saat membuka aplikasi lain menjadi sangat lambat.

  1. RAM selalu penuh

Ada beberapa jenis virus yang menginstall aplikasi-aplikasi tanpa sepengetahuan kamu. Seperti virus jenis backdoor yang tidak terlihat tetapi memberatkan kinerja RAM laptop kamu loh.

Nah itu dia penjelasan ciri-ciri virus ada di laptop kamu dari Pemmztechie. Semoga dengan melihat ini kalian menjadi lebih peduli dan merawat laptop kamu ya Pemmz.