Teknologi saat ini tentunya sudah sangat berkembang, dengan teknologi kita sangat terbantu dalam membuat sesuatu dan mencari informasi. Salah satu nya perangkat laptop atau PC yang juga membantu kehidupan saat ini, tetapi laptop maupun PC pun akan mengalami berbagai masalah, dikarenakan laptop yang mungkin sudah terlalu lama sehingga kondisi menurun.

Salah satunya adalah black screen, kondisi black screen ini tidak menampilkan tulisan petunjuk atau gambar. Kode kesalahan pun tidak muncul sehingga membuat orang awam hanya bisa menebak masalah nya dan menjadi panik atas hal tersebut karena mengira kondisi laptop nya adalah mati total.

Black screen sendiri terjadi karena berbagai macam alasan atau penyebab, Berikut yang akan kami bahas Apa Penyebab Black Screen pada Laptop:

1. Kabel Konektor yang bermasalah

Kabel konektor sendiri adalah penghubung antara layar dengan mainboard, ketika kabel penghubung ini mengalami gangguan maka bisa menjadi penyebab black screen pada laptop kamu.

2. Terdapat virus yang masuk ke sistem

Virus merupakan suatu ancaman untuk laptop. Virus yang berhasil masuk ke sistem akan mempengaruhi sebagian atau seluruh kinerja laptop dan salah satu dampak yang bisa ditimbulkan adalah black screen.

3. Terlalu sering menggunakan laptop hingga overheat

Terkadang ketika memakai laptop membuat kita lupa waktu, tetapi hal tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah kerusakan pada laptop, salah satunya adalah black screen.

4. Proses instalasi atau update windows yang tidak sempurna

Salah satu penyebab black screen yang paling umum di windows 10 adalah instalasi atau update yang tidak sempurna. Seperti ada masalah pada baterai yang drop sehingga instalasi cacat.

5. Driver yang korup

Driver yang tidak terinstall dengan sempurna atau rusak karena virus juga bisa menyebabkan black screen. Selain itu, crash antara driver yang tidak cocok juga bisa menyebabkan hal ini terutama pada display driver.

6. Masalah kartu grafis

Kartu grafis adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan tampilan grafis (gambar) yang kita lihat pada layar monitor. Tugas utama dari komponen ini adalah melakukan rendering gambar dengan cara mengkonversi data menjadi sinyal yang bisa dimengerti oleh monitor. Saat kartu grafis tidak bisa berfungsi dengan normal maka tampilan pada monitor juga akan bermasalah, seperti warna yang menjadi kacau, gambar buram, gelap, atau bahkan blank hitam sama sekali.

7. Backlight monitor mati

Saat backlight mati maka tampilan di layar akan menjadi gelap, seolah-olah tidak ada tampilan yang muncul. Padahal sebenarnya sistem Windows berjalan dengan normal, hanya saja tidak ada pencahayaan sehingga seolah-olah terjadi black screen (biasanya karena inverter rusak).

Itu dia penyebab-penyebab serta penjelasan tentang black screen yang terjadi di laptop, semoga membantu kamu yang sedang mengalami black screen.