Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari sistem komputer. Di sinilah banyak komponen penting lain dari computer disatukan, seperti unit pemrosesan pusat (CPU), memori dan konektor untuk perangkat input dan output. Ketika motherboard error, maka semua komponen akan ikut mati. Setelah kemarin Techie membahas mengenai penyebab motherboard rusak, Techie akan membahas mengenai cara memperbaiki motherboard yang rusak. Yuk simak :

1.Periksa suplai daya dari PSU, cara paling mudah adalah melihat apakah kipas berputar. Jika CPU atau motherboard punya kipas, lihat apakah mereka berputar. Periksa juga voltase yang terjadi dari power supply ke motherboard bila memungkinkan (ini membutuhkan alat).

2.Periksa pengaturan BIOS/UEFI.

3.Periksa apakah komputer mengalami overheat.

Caranya :

  • Matikan komputer dan biarkan selama beberapa saat.
  • Buka casing lalu nyalakan komputer dalam keadaan terbuka
  • Lihat apakah masalah tetap muncul.
  • Bila tidak maka bisa jadi overhat adalah penyebanya.

4,Periksa apakah ada kapasitor yang membengkak. Bila ada maka kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada motherboard.

5.Buka lalu pasang kembali semua komponen yang melekat pada motherboard seperti CPU, adapter, dan chip memori.

6.Lepas adaptor dan device lain yang tidak diperlukan, nyalakan komputer, lihat apakah masalah masih muncul atau tidak. Jika tidak maka salah satu perangkat tersebut adalah penyebabnya, bukan motherboard yang rusak.

7.Colok komputer ke colokan listrik yang berbeda untuk memastikan colokan yang sekarang bukanlah penyebab masalah.

8.Cek apakah terjadi korslet pada bagian frame motherboard.

9.Periksa baterai CMOS.

10.Apabila motherboard memiliki LED diagnostik, lihat apakah ada petunjuk tertentu atau kode error yang muncul. Lihat buku manual atau panduannya di situs manufaktur motherboard.

 

PemmzHolic juga dapat mengatasi permasalahan motherboard kalian dengan datang ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279