Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari sistem komputer. Di sinilah banyak komponen penting lain dari computer disatukan, seperti unit pemrosesan pusat (CPU), memori dan konektor untuk perangkat input dan output. Ketika motherboard error, maka semua komponen akan ikut mati. Sebelum komputer PemmzHolic mati karena motherboard yang error, Techie akan membagikan ciri-ciri motherboard rusak, yuk simak :

1. Gagal booting

Salah satu ciri-ciri motherbord yang rusak adalah menyebabkan komputer tidak bisa booting lebih dari layar BIOS. Motherboard yang rusak bisa menyebabkan hardisk atau RAM tidak terbaca sehingga komputer tidak bisa masuk ke desktop.

2. System sering crash tanpa alasan

Crash/freezing tanpa alasan setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu bisa menjadi salah satu ciri-ciri motherboard rusak.

3. Blue screen of death

Blue screen of death atau BSOD biasanya muncul ketika terjadi kegagalan pada hardware atau driver yang korup dan hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa chipset motherboard mengalami kerusakan.

4. Tercium bau kabel terbakar

Jika Sobat ZetZet mencium bau seperti ada kabel atau komponen elektronik terbakar maka bisa dipastikan terjadi karena ada komponen yang mengalami overheat atau bahkan korslet. Overheat bahkan korslet dapat menyebabkan motherboad menjadi error.

5. Perangkat yang tadinya normal tiba-tiba berhenti bekerja

Salah satu tanda-tanda kerusakan pada motherboard adalah gagal mendeteksi komponen lain seperti RAM, graphic card (VGA), network card, dan lain sebagainya.

6. Suara bip saat booting

Kegagalan motherboard biasanya menyebabkan munculnya suara bip satu kali, diikuti oleh tiga, empat atau lima. Empat bip, diikuti oleh dua, tiga atau empat bip menunjukkan masalah yang terjadi pada port paralel, yang juga menandakan bahwa motherboard mengalami kerusakan.

7. PC atau laptop mati total

PC mati total tidak bisa hidup sama sekali. Bila hal ini terjadi, PemmzHolic perlu mengecek juga apakah motherboard mendapatkan suplai power dari PSU, karena kemungkinannya bisa dua hal, pertama motherboard yang rusak atau PSU yang rusak.

 

Nah itu dia ciri-ciri Motherboard error. PemmzHolic dapat mengatasi permasalahan motherboard kalian dengan membawa laptop atau pc kalian ke PemmzTechie atau hubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279