RAM yang rusak atau error bisa disebabkan oleh berbagai masalah. Sebelum RAM tambah rusak atau error, Techie akan share apa saja penyebabnya yang perlu kalian waspadai. Yuk simak!

1. Blue screen

Blue screen (BSOD) merupakan kondisi di mana system mengalami crash dan pada monitor terihat tampilan biru dengan pesan error tertentu. BSOD menandakan ada masalah serius pada hardware laptop Anda termasuk RAM.

bluescren penyebab dan ciri ciri ram laptop rusak

2. Laptop sering restart sendiri

Laptop sering restart sendiri dalam waktu yang cukup sering bisa menjadi pertanda bahwa RAM error.

3. Kapasitas yang terbaca RAM berkurang

Penurutnan kapasitas RAM dapat menjadi penyebab RAM error. PemmzHolic dapat mengecek kapasitas RAM di menu Settings > System > About. Atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+X kemudian pilih menu System.

ram tidak terbaca penyebab dan ciri ciri ram laptop rusak

4. Laptop menjadi sangat lambat

Apabila RAM bermasalah maka seluruh sistem juga akan terkena dampaknya. Menyebabkan laptop menjadi sangat lambat.

5. System freeze

System freeze adalah kondisi di mana Windows berhenti bekerja dan mouse tidak bisa digerakkan. RAM yang bermasalah juga bisa menyebabkan perangkat seperti keyboard menjadi tidak responsif.

6. Tidak bisa install aplikasi baru

Jika laptop selalu gagal dalam menginstall aplikasi baru tanpa diketahui penyebabnya, bisa jadi sebabkan karena RAM yang error.

7. Program sering mengalami not responding

program not responding penyebab dan ciri ciri ram laptop rusak

Ketika program apapun yang coba dijalankan mengalami not responding atau berhenti bekerja secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, maka ini juga bisa menjadi tanda kalau ada masalah pada RAM.

8. File-file menjadi korup

File yang digunakan menjadi korup, berarti file tersebut rusak dan tidak bisa digunakan. Hal ini bisa menjadi ciri-c

9. Suara bip saat booting

Suara bip yang muncul beberapa kali menjadi indikator masalah yang berbeda. Setiap brand laptop memiliki jumlah suara bip yang berbeda.

10. Gagal booting

Gagal booting bisa disebabkan karena berbagai hal. Jika saat gagal booting terdapat tulisan memory fail maka bisa dipastikan itu karena RAM yang rusak.

 

Nah itu dia ciri-ciri RAM error. PemmzHolic juga dapat mengatasi permasalah laptop dan gadget kalian dengan datang ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.