Baterai adalah sumber energi listrik. Baterai laptop akan memasok daya yang diperlukan oleh laptop. Di jaman sekarang ini terdapat berbagai jenis baterai laptop yang tersedia. Yuk cari tahu apa saja jenis baterai laptop bersama Techie!

1.Baterai Nickel Cadmium (NiCd)

Baterai ini merupakan baterai pertama yang bisa digunakan untuk laptop. Sebenarnya dulu baterai ini merupakan standar teknologi dalam baterai laptop, namun karena baterai ini memiliki banyak kekurangan akhirnya baterai ini ditinggalkan.

Kekurangan baterai NiCd adalah memiliki bobot yang berat jika dibandingkan dengan baterai laptop jenis lain, rentan terkena memory effect, jika menggunakan baterai dalam keadaan belum habis dan melakukan pengisian daya ulang baterai, maka baterai hanya akan menyimpan daya sebesar saat mengisi baterai tadi. Hal ini membuat kapasitas penyimpanan baterai menjadi berkurang. Selain itu, cadmium merupakan zat yang terkandung dalam baterai dan zat ini merupakan zat yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Akan terjadi pencemaran lingkungan jika zat ini dibuang sembarangan.

2.Baterai Nickel Metal Hydride (NiMH)

Merupakan pengganti baterai Nickel Cadmium. Baterai ini lebih baik daripada baterai nickel cadmium karena tidak memiliki zat cadmium yang berbahaya bagi lingkungan dan tidak terlalu berpengaruh terhadap kapasitas baterai jika diisi ulang saat dayanya belum benar – benar habis. Baterai ini juga mampu menyimpan daya dua kali lebih besar daripada baterai nickel cadmium sehingga bisa digunkan dalam waktu yang lebih lama .

Kekurangan betarai ini adalah sangat sensitif dan tidak bisa digunkan pada temperatur yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

3.Baterai Lithium Ion

Baterai Lithium Ion atau bisa disingkat Li-Ion memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan baterai nickel metal hydride dan bisa menyimpan daya yang sama besar dengan baterai metal hydride. Baterai ini aman dari zat berbahaya yang bisa mencemari lingkungan. Kekurangan baterai ini adalah sangat mudah tersulut api.

Itu dia jenis-jenis baterai laptop yang ada. PemmzHolic juga dapat mengatasi permasalahan pada baterai laptop dan laptop kalian dengan datang ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.