Antivirus adalah salah satu software yang dianggap penting untuk melindungi sistem operasi atau perangkat lunak didalam laptop dan komputer. Kebanyakan pengguna laptop memilih untuk memasang antivirus sebagai salah satu benteng guna mencegah virus atau malware yang bersifat merusak dan juga merugikan. Meski dianggap sebagai software pengaman, namun ada juga pengguna laptop yang memilih tidak memakai antivirus. Terdapat berbagai dampak dari tidak dipakainya antivirus. Techie akan membagikan apa saja bahayanya jika tidak memakai antivirus :

1.File Yang Masuk Tidak Terseleksi

Salah satu fungsi penting pada antivirus adalah untuk melakukan seleksi terhadap berbagai macam file yang masuk ke laptop. Antivirus memiliki sistem untuk memindai mana file yang berbahaya dan mana yang tidak berdasarkan data base yang ada. File yang mencurigakan akan segera dikarantina atau dihapus.

2.Mudah Terserang Malware

Karena tidak ada sistem yang bertugas menyeleksi file masuk, maka kemungkinan besar berbagai macam data bisa masuk ke laptop termasuk virus atau malware.

3.Windows Jadi Sering Error

Selain mencuri informasi, salah satu tujuan dari virus adalah merusak data.

4.File Tiba-tiba Hilang

Kasus ini kebanyakan dialami oleh pengguna laptop yang tidak memakai antivirus. Malware yang bersifat merusak juga memiliki kemampuan dalam menyembunyikan atau bahkan menghapus file tertentu tanpa sepengetahuan pengguna. Akibatnya data milik pengguna yang sebelumnya ada di direktori, menjadi hilang dan tidak ditemukan.

5.Rawan Terhadap Kejahatan Internet

Internet juga banyak digunakan untuk transaksi non-tunai seperti pembayaran, belanja, atau transfer uang. Ketika laptop tidak memakai antivirus, maka data-data dalam transaksi ini bisa dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab salah satunya melalui virus yang ditanamkan pada sistem.

6.Terjadi Pencurian Data Penting

Biasanya, virus ini bisa masuk ke komputer melalui website, software atau file yang di unduh dari internet. Ketika sebuah laptop tidak memakai antivirus, maka malware dapat menyusup masuk ke sistem tanpa diketahui oleh pengguna.

7.Laptop Mudah Menjadi Lambat

Dampak buruk jika laptop tidak memakai antivirus yang terakhir adalah kinerja yang mudah menjadi lambat. Disebabkan oleh virus yang tidak terdeteksi dapat menduplikasi diri bahkan hingga menggandakan file yang dapat memenuhi direktori.

Nah itu dia efek tidak menggunakan antivirus pada laptop. Tenang aja, PemmzHolic dapat mengatasi permasalahan pada laptop kalian dengan datang ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.