Prosesor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah perhitungan aritmatika. Prosesor mempunyai cara kerja yang sama untuk mengolah data yang diinginkan pengguna. Namun, tidak seperti perangkat lainnya, processor hanya mengenal bilangan 0 dan 1.

Di dalam prosesor ada beberapa bagian penting yang memiliki tugasnya masing-masing, seperti :
1.Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Berfungsi untuk melakukan berbagai perhitungan aritmatika sesuai dengan instruksi dari program.
2. Control Unit (CU) : Berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input (masukan) dan output (keluaran).
3. Memory Unit (MU) : Adalah sebuah alat kecil yang mempunyai akses kecepatan yang tinggi.

Fungsi dari Prosesor

Prosesor berfungsi untuk melakukan pemprosesan data dari input (masukan) lalu ia akan menghasilkan output (keluaran). Dalam melakukan tugasnya, prosesor tidak hanya bekerja sendiri, namun membutuhkan bantuan dari perangkat lain seperti RAM dan Harddisk.

Dalam perkembangannya, saat ini processor tercepat memiliki kecepatan 5 Gigahertz (GHz). Artinya ia dapat melakukan pengerjaan hingga 5 miliar perintah dalam satu waktu. Semakin tinggi kecepatan prosesor, maka semakin baik pula untuk gaming. Karena untuk menjalankan sebuah game pasti dipengaruhi kapasitas/kemampuan dari prosesor itu sendiri.

PemmzHolic juga dapat mengatasi permasalahan pada laptop kalian dengan datang ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.