Harddisk merupakan komponen yang ada pada komputer yang bertugas untuk menyimpan data dan terdiri dari piringan magnetis. Hardisk membantu menyimpan sistem operasi, software-software pendukung, hingga berbagai file yang sangat penting. Ternyata terdapat berbagai jenis hardisk. Techie akan membagikan apa saja jenis-jenis hardisk. Yuk simak jenis-jenisnya :

1. Harddisk ATA/AIDE


Harddisk ATA (Advanced Technology Attachment ) dan AIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) adalah standart baku yang digunakan suatu antarmuka berbasis koneksi bus. Disk seperti ini diciptakan agar hardisk mampu bekerja menggunakan bus PCI. Harddisk ini banyak digunakan pada PC (Personal Computer). Keuntungan menggunakan harddisk tipe ini adalah harganya murah. Kekurangannya adalah Harddisk ini memerlukan setidaknya dua kontroler atau lebih untuk sekedar meningkatkan performa.

2. Harddisk SCSI


Harddisk SCSI juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki ATA/AIDE. Harddisk SCSI menawarkan sensasi performa yang lebih baik dari pada ATA. Kelebihan harddisk ini menjalankan beberapa disk drive yang aktif secara bersamaan. Hal itu dapat terjadi karena setiap disk hanya akan aktif jika drive tersebut akan digunakan untuk keperluan transfer. Cara kerjanya adalah pada kasus adanya permintaan / request besar-besaran untuk beberapa file kecil yang terdapat pada komputer server.

3. Harddisk RAID


Harddisk jenis ini dikenal memiliki performa dan tenaga yang kuat dan handal dalam menyimpan berbagai file besar. Disk ini dapat bekerja dengan baik walaupun komputer ‘dipaksa’ untuk memacu performa tinggi.

4. Harddisk SATA


Harddisk SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah versi interface terbaru dari ATA. Kelebihannya adalah disk ini hanya menggunakan dua pertiga bagian dari ATA. Harddisk juga memiliki kecepatan tinggi karena ia memiliki kemampuan untuk mengurangi latensi atau delay. Dalam transfer data, disk jenis ini akan mengurutkan data secara paralel tanpa menggunakan master atau slave, sehingga kabel SATA hanya bisa digunakan untuk satu hardisk saja.

5. Harddisk SSD


Harddisk SSD sudah menggunakan memori komputer atau USB Drive. Jadi harddisk jenis ini sudah tidak menggunakan komponen mekanik di dalamnya. Dan tentunya, disk jenis ini memiliki kecepatan transfer yang cepat dan harga yang lebih mahal dari pada disk jenis lainnya.

PemmzHolic juga dapat mengupdate harddisk kalian dengan datang ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.