Baterai laptop yang bocor pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari baik untuk bekerja, bermain, dll. Baterai laptop yang bocor dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kebiasaan penggunaan laptop sehari-hari yang salah. Techie akan membagikan kebiasaan apa saja yang dapat menyebabkan baterai laptop menjadi bocor. Yuk simak apa saja penyebabnya :

1. Tidak di charger sesaat setelah membeli laptop

Laptop baru harus di charge terlebih dulu, sebelum menggunakannya. Karena dalam kondisi baru, kapasitas baterai laptop biasanya tidak terisi penuh atau bahkan dalam keadaan kosong. Sebaiknya laptop dicharge dalam durasi 4 jam dan kondisi mati.

2. Menggunakan laptop saat di charge

Menggunakan laptop saat sedang di charge dapat membuat baterai laptop bocor. Karena secara bersamaan, kinerja baterai laptop menjadi terganggu akibat “kebingungan” yang dialami. Disaat yang bersamaan, baterai pada laptop harus mengeluarkan daya, namun disisi lainnya juga harus mengisi daya.

3. Tidak mencabut charger ketika baterai sudah full

Membiarkan laptop dalam keadaan ter-charger full terlebih dalam waktu lama, ternyata bisa membuat komponen dalam baterai rusak. Hal ini disebabkan karena kinerja yang terus dipaksa untuk mengisi daya, padahal kapasitasnya sudah diambang batas normal.

4. Membiarkan laptop dalam keadaan mati total

Membiarkan laptop dalam keadaan mati total dapat membuat komponen pada baterai laptop menjadi cepat rusak. Untuk meminimalisir kerusakan pada baterai laptop, lebih baik melakukan pengisian daya ketika baterai laptop 20%. Untuk laptop yang bakal dijarang dipakai, sisakan daya baterainya pada angka 40 persen, dan simpan laptop di tempat yang tidak lembab.

5. Pencahayaan layar terlalu terang

Mengatur cahaya layar menjadi lebih terang diyakini bisa membuat kapasitas baterai menjadi boros. Sebaiknya, atur pencahayaan latar secara normal, yaitu tidak terlalu redup ataupun tidak terlalu terang. Sehingga, baterai laptop menjadi tidak bocor dan juga mata kita menjadi sehat.

6. Sering melepas baterai laptop

Terlalu sering melepas baterai dan langsung mencolokan laptop ke aliran listrik, dapat membuat pemakaian menjadi lebih tidak stabil. Menyebabkan risiko kerusakan pada komponen laptop jadi lebih besar.

7. Menggunakan colokan bercabang

Mencolokan charger laptop ke colokan bercabang, dapat membuat arus listrik tidak stabil, karena daya pada colokan listrik tersebut terbagi-bagi.

8. Membuka banyak aplikasi dalam sekali penggunaan

Terlalu banyak membuka aplikasi pada saat bersamaan dapat membuat baterai menjadi cepat habis. Maka PemmzHolic harus segera menutup aplikasi yang tidak lagi digunakan agar baterai menjadi lebih hemat.

Nah itu dia penyebab baterai laptop menjadi bocor. PemmzHolic juga dapat memperbaiki kerusakan pada laptop kalian dengan datang ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.