Apakah PemmzHolic tahu masalah yang sering dialami bagi para pemiliki desktop dan laptop adalah masalah suhu prosesor yang cukup tinggi? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan masalah tersebut, Techie akan membagikan cara memperbaiki masalah suhu prosesor tinggi. Yuk simak Tipsnya :

1. Mencari tahu apakah PC benar-benar bermasalah dalam suhu

Mengecek sistem melalui bios ataupun aplikasi ketiga seperti CPUZ, CPU termometer dan sebagainya. Biasanya, suhu normal sebuah CPU berkisar antara 30 sd 40°, atau bahkan lebih saat idle. Saat ia bekerja penuh seperti bermain game ataupun menjalankan aplikasi tertentu yang cukup berat, idealnya ia harus memiliki kisaran antara 50 sd 70°, namun beberapa CPU bisa memiliki suhu diatas 70°, meskipun anda perlu waspada mengenai hal tersebut.

Ketika suhu PC  diatas 80° atau bahkan lebih dari 90° hanya dalam waktu beberapa menit, maka bisa dipastikan memiliki masalah suhu prosesor yang tinggi, dan dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi sistem anda, seperti crash, hang, atau juga sistem akan mati sendiri. Saat semua hal tersebut terjadi, maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan dan bisa mengembalikan suhu pada keadaan normal atau bahkan jauh lebih baik. Sehingga, sistem benar-benar akan merasa fresh dan memiliki kinerja yang jauh lebih baik.

2. Kembalikan suhu prosesor seperti sediakala

Terdapat beberapa cara untuk mengembalikan suhu prosesor seperti sediakala. Berikut adalah beberapa caranya :

– Mengembalikan semua pengaturan dalam keadaan semula

Setiap Bios biasanya memiliki pengaturan yang akan mereset (walaupun bisa berbeda pilihan konfigurasi) dan mengembalikan sistem secara default, termasuk proses OC yang pernah anda lakukan pada prosesor. Cari tahu di Bios mengenai pegaturan default tersebut.

-Ubah pengaturan power plan ke mode balanced

Pilihan high performance pada pengaturan power plan mungkin saja akan memaksimalkan performa mesin, sehingga juga menyebabkan suhu sistem yang cukup tinggi. Sebaiknya, atur kembali pilihan power plan pada mode Balance. Kalian  tinggal mengetik “power plan” pada start menu, kemudian klik opsi “Choose A Power Plan” disitu akan ada opsi Balanced.

-Bersihkan semua debu yang menempel pada hardware

Jika anda memiliki sebuah komputer yang memiliki banyak debu, apalagi jika casing anda selalu terbuka, maka itulah salah satu alasan mengapa suhu menjadi tinggi. Jika anda tidak menyadarinya, maka segera lakukan proses pembersihan debu yang benar-benar menjadi masalah utama yang biasa hadir dalam suhu prosesor yang tinggi, terutama pada kipas alias fan.Selalu lakukan proses ini minimal sebulan sekali agar sistem selalu jauh baik, dan pastikan bahwa anda memiliki sirkulasi udara yang baik pada casing serta selalu menutup casing setiap saat.

-Ganti Thermal Pasta

Thermal Pasta merupakan sejenis senyawa konduktif termal, yang umumnya digunakan sebagai jembatan penghubung antara heat sink dan panas. Pastikan untuk melapisi kembali thermal pasta pada CPU, atau menggantinya dengan merk yang lebih baik.

Periksa CPU Fan, apakah  masih layak atau tidak

Sebuah CPU fan alias kipas prosesor biasanya memiliki putaran yang sangat cepat, jika melihat kipas ini sangat lambat, atau bahkan tidak bekerja sama sekali, maka perisa CPU Fan tersebut, apakah  masih layak untuk bekerja atau tidak. Jika  sudah tidak layak, pilihan kipas terbaru akan memberikan jawaban yang jauh lebih ideal dan efektif.

-Ganti CPU Cooler dengan pilihan yang jauh lebih baik

Ganti pilihan CPU Cooler dengan pilihan yang jauh lebih baik.

 

PemmzHolic  juga dapat memperbaiki dan menjaga suhu prosesor laptop kalian dengan datang ke PemmzTechie dan nikmati promo-promo yang tersedia. Atau hubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.