Mouse dibuat dengan tujuan meningkatkan kenyamanan penggunanya. Banyaknya varian dan fitur dari mouse sering membuat pusing calon penggunanya. PemmzHolic harus membeli mouse sesuai kebutuhan kalian. tentu perlu pertimbangan sebelum membeli mouse yang ideal dengan penggunaan kalian. Techie akan membagikan tips membeli mouse yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli mouse. Yuk simak tipsnya :

1. Mouse berkabel atau nirkabel?

Mouse berkabel  menawarkan pengalaman komputasi dengan sedikit poin negatif, yakni kabel yang bisa saja kusut dan membuat kesal. Mouse ini tidak sesuai bagi kalian yang ingin memiliki mobilitas tinggi. Jika kalian ingin memiliki mobilitas yang tinggi, wireless mouse menjadi solusinya. Wireless mouse membutuhkan pembaruan daya baterai berjangka, jadi kamu harus rutin mengisi ulang atau membeli sepasang baterai baru.

2. Sensor laser atau optical?

Kalian perlu memperhatikan istilah ‘dpi’, dpi merupakan singkatan dari ‘dots per inch’. Dpi menentukan tingkat kepresisian cursor dari sebuah mouse. Jika aktivitas harian kamu  hanya browsing, editing dokumen, maka kamu tidak membutuhkan mouse dengan dpi tinggi.

3. Bentuk fisik mouse yang ergonomis

Membaca review produk mouse yang kalian incar. Karena kenyamanan sebuah mouse tidak bisa langsung dirasakan, jadi pastikan kamu lakukan sedikit riset dari review produk di internet, terutama review seputar fisik dari mouse tersebut.

4. Ukuran mouse reguler atau travel

Mouse memiliki dua kategori ukuran: Full-size dan travel-size. Jika kamu mengedepankan mobilitas dan harga yang terjangkau, mouse dengan ukuran travel-size bisa menjadi alternatif yang sesuai. Biasanya mouse ukuran travel memiliki kabel yang bisa ditarik-ulur otomatis.

5. Tersedia Tombol Tambahan

 

Beberapa produsen menghadirkan varian mouse yang memiliki tombol tambahan, yang biasanya diletakkan di bagian sisi mouse. Tombol tambahan ini berguna bagi programmer atau desainer, semisal untuk kembali ke menu sebelumnya. Selain itu tombol tambahan pada mouse memiliki beberapa fitur untuk bermain game.