Zoom sebelumnya hanya digunakan oleh kalangan profesional. Namun, semejak pandemi COVID-19, banyak kalangan mulai menggunakan Zoom untuk berbagai aktivitas, seperti bekerja, sekolah, hingga berbincang dengan sanak saudara. Dengan semakin meluasnya segmen pengguna Zoom, perusahaan tersebut akhirnya menambahkan beberapa fitur lucu dan menarik saat virtual meeting berlangsung.

Zoom diketahui telah memiliki fitur virtual background sehingga memudahkan penggunanya untuk memilih background saat melaksanakan virtual meeting. Tak cukup sampai situ, Zoom saat ini mengeluarkan fitur baru bernama Studio Effects.

Fitur Studio Effects mirip dengan efek wajah yang sudah ada terlebih dahulu di Instagram Story dan Snapchat. Namun, fitur Studio Effects milik Zoom ini sedikit berbeda dengan efek wajah di Instagram Story dan Snapchat. Jika pengguna menggunakan satu efek, mereka tidak dapat mengubah bagian dari efek wajah tersebut. Sedangkan, fitur Studio Effects pada Zoom mengizinkan pengguna untuk mengedit bagian-bagian pada efek wajah seperti mengubah warna alis dan bibir.

 

Fitur ini pertama kali diumumkan oleh Zoom pada September 2020 lalu. Sejauh ini, fitur tersebut masih hadir dalam format Beta dan tidak diketahui kapan akan dirilis secara resmi. Tetapi sudah banyak pengguna beruntung yang dapat menemukan dan menggunakan fitur tersebut.

Jika kamu merupakan salah satu pengguna yang beruntung tersebut, kamu akan menemukan filter ini di pengaturan “Background & Filters”. Namun, sebelum menggunakannya kamu harus mengunduh fitur ini terlebih dahulu.  Setelah mengunduhnya, PemmzHolic bisa bermain-main dengan fitur tersebut seperti mengedit warna alis dan bibir. Berikut cara mengaktifkan fitur Studio Effect untuk mengedit warna alis dan bibir:

  • Pada jendela Zoom meeting, klik tanda panah yang ada di sebelah ikon video di bagian kiri bawah
  • Pilih opsi “Video Settings”
  • Pilih “Background & Filters”
  • Pilih Studio Effects (Beta) di pojok kanan bawah jendela “Settings”
  • Kemudian akan muncul tawaran untuk mengunduh paket Video Studio Effect, klik “Download”
  • Setelah selesai, klik Studio Effects (Beta) sekali lagi
  • Opsi untuk mengedit warna dan bentuk alis, kumis dan janggut serta warna bibir ada pada menu di sebelah kanan
  • Jika sudah selesai mengedit, klik “Close” di pojok kanan bawah

Nah itu dia cara menggunakan Studio Effects dari Zoom, agar virtual meeting kamu juga menjadi fun. Buat PemmzHolic yang ingin servis laptop kalian, kalian dapat menghubungi PemmzTechie di WA : 085280280100/ 08999999279.