Microsoft Office yang berbayar pasti sering membuat PemmzHolic menjadi pusing, apa lagi hampir semua pekerjaan kita menggunakan Microsoft Office, baik Excel, Word, hingga Power Point. Fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Office pun memudahkan kita untuk membuat dokumen digital dengan rapi. Kalian tenang aja, Techie udah siapin ni beberapa rekomendasi software gratis pengganti Microsoft Office.

1. WPS Office

 

Di WPS Office Free, kamu akan menemukan beberapa varian seperti Word, Excel, dan Power Point. Secara tampilan WPS memiliki  layout yang familiar dengan Microsoft Office dan memiliki fitur-fitur yang hampir sama. WPS Office memiliki keunggulan tersendiri, yaitu adanya dukungan cloud backup berkapasitas hingga 1GB. PemmzHolic bisa memanfaatkan ini untuk sinkronisasi berkas antar perangkat.

2. Libre Office

LibreOffice memiliki tampilan nostalgik menyerupai Microsoft Word versi klasik. LibreOffice kompatibel untuk membuka dan mengedit berkas Word, Excel, dan Power Point. DSelain itu, LibreOffice juga merupakan bagian dari paket software yang saling terintegrasi, serupa dengan Microsoft Office.

3. Apache OpenOffice – Punya sidebar dengan ragam shortcut

Apache OpenOffice memiliki ribuan tema dokumen yang dapat didownload di situs resmi OpenOffice. OppenOffice memiliki segi formatting yang sama dengan Word.juga dikembangkan secara open-source dari basis kode yang sama. Secara fitur, Apache OpenOffice juga bisa bersaing dengan LibreOffice dan Microsoft Word dari segi formatting.

4. SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice memiliki tampilan yang cenderung lebih sederhana. Buat PemmzHolic yang tidak membutuhkan fungsi-fungsi pengolahan dokumen yang rumit dan teknis, kalian bisa menggunakan SoftMaker FreeOffice sebab software ini hanya memiliki opsi formatting standar, jadi bisa digunakan ketika mengolah dokumen saat terburu-buru. SoftMaker FreeOffice juga memiliki template untuk diunduh, namun tidak sesuai untuk mengedit berkas DOCX sebab software ini tidak mendukung format itu.

5. Google Docs – Pengolah dokumen kolaboratif berbasis cloud

 

Google Docs menawarkan fitur pengeditan dokumen dengan integrasi ke berbagai layanan Google, seperti Gmail dan Google Drive. Kerja kolaboratif adalah fokus utama dari Google Docs, PemmzHolic bisa berbagi dokumen untuk diedit dengan kelompok kerja. Fitur berbagi berkas ini adalah yang paling menonjol dibanding software-software lainnya dengan fungsi serupa dengan Microsoft Word. Ditambah lagi, integrasinya dengan layanan Google Drive yang bisa diakses lewat browser cukup memuaskan sebab kalian bisa mengedit dokumen dari berbagai perangkat.