Layar laptop yang rusak pasti sangat mengganggu mobilitas sehari-hari. Apalagi laptop sekarang digunakan sebagai item utama dalam kehidupan sehari-sehari. Setelah membahas mengenai penyebab kerusakan pada layar laptop di artikel sebelumnya, di artikel ini akan membahas mengenai 7 tips memperbaiki layar laptop.

Yuk PemmzHolic simak 7 tips memperbaiki permasalahan pada layar laptop yang error dibawah ini yaa:

1.Layar Laptop Berkedip

Pastikan terlebih dahulu penyebab dari layar laptop berkedip. Jika memang penyebabnya adalah resolusi terlalu tinggi, kalian dapat menurunkannya melalui pengaturan di control panel. Apabila penyebabnya adalah daya listrik yang tak stabil, maka solusinya adalah menggunakan stabilizer atau memperbaiki komponen stabilizer di layar laptop kalian. Jika penyebabnya adalah VGA yang bermasalah cara memperbaikinya adalah membawa ke tempat servis, salah satunya adalah PemmzTechie.

2.Layar Laptop Terdistorsi

Jika masalahnya pada OS, kalian dapat menginstal ulang OS. Sedangkan, jika masalahnya terdapat di kabel output yang longgar, kamu perlu membongkar layar tersebut.

3.Layar Laptop Hitam

Untuk memastikan permasalahan yang terletak pada layar laptop hitam, kalian dapat menyambungkannya dengan perangkat proyektor ke layar atau monitor komputer. Jika menyala, maka permasalahan tidak terletak pada layar laptop. Untuk menyiasatinya, kalian dapat membongkar laptop dengan hati-hati dan memastikan penyebabnya. Jika permasalahannya terletak di RAM, maka kalian dapat memasang kembali RAM tersebut. Jika masih blank screen, kalian bisa membersihkan metal pin di RAM atau membawanya laptop kalian ke jasa servis laptop seperti PemmzTechie.

4.Layar Laptop Terbalik

Jika permasalahannya akibat salah menekan tombol di laptop, kalian dapat melakukan tips berikut :

Menekan Ctrl + Alt + → [Panah Kanan]: perintah ini akan membuat tampilan layar kalian berputar 90 derajat atau ke arah samping kanan.

Menekan Ctrl + Alt + ↓ [Panah Bawah] perintah ini akan membuat tampilan layar kalian berputar 180 derajat atau ke arah bawah.

Menekan Ctrl + Alt + ← [Panah Kiri]: perintah ini akan membuat tampilan layar kalian berputar 270 derajat atau ke arah samping kiri.

Ctrl + Alt + ↑ [Panah Atas]: perintah ini akan membuat tampilan layar kalian berputar 360 derajat atau ke arah atas yang merupakan posisi normal.

Jika permasalahannya terdapat pada hardware laptop, tidak ada cara lain selain membongkar laptop tersebut terlebih dahulu, atau membawa laptop kalian ke layanan servis terdekat.

5.Layar Laptop Bergerak-Gerak Sendiri

Jika masalahnya terletak karena laptop yang terlalu panas, kalian dapat menurunkan suhu laptop tersebut ke suhu ruangan yang normal. Sedangkan, jika masalahnya di baterai laptop yang akan habis, maka mengisi daya laptop dengan charger adalah solusi terbaik. Jika masalah terletak pada daya listrik charger, maka solusi terbaik adalah memperbaikinya atau segera menggantinya dengan yang baru.

6.Layar Laptop Bergaris dan Bergetar

Kalian dapat membongkar layar laptop tersebut untuk mengecek bagian yang longgar atau rusak tersebut. Jika memang hanya longgar saja, maka kalian dapat membenarkan ke posisi semula. Namun, jika permasalahannya lebih rumit, kalian bisa langsung membawa laptop tersebut ke tukang servis terdekat.

7.Layar Laptop Berubah Warna

Kalian dapat membongkar layar laptop. Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah mencoba untuk menyambungkan laptop dengan layar lainnya. Jika warna tersebut masih terlihat, maka bisa dipastikan jika permasalahan ada di VGA. Kalian dapat langsung membawanya ke tukang servis. Sedangkan, jika masalah terdapat di kabel yang rusak atau terjepit, kalian dapat menggantinya dengan yang baru.

 

Buat kalian yang ingin melakukan  servis untuk kerusakan layar laptop kalian, kalian bisa membawa laptop kalian ke PemmzTechie atau menghubungi WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.