Buat kalian para Gamers yang sering emosi karena pas lagi asik nge-game tapi laptop kalian bentar-bentar nge-freeze alias nge-LAG, jangan frustasi dulu ya! Mungkin kalian boleh gregetan karena itu ganggu banget pas lagi seru-serunya bertarung di Game favorit kalian. Nah, kali ini PemmzTechie mau bocorin beberapa tips mudah yang bisa kalian terapkan untuk mencegah aktivitas gaming kalian terhambat karena laptop yang tiba-tiba nge-LAG. Yuk langsung aja kita ke pembahasannya!

1. Memastikan Koneksi Internet Lancar 

Pertama, yang harus kalian perhatikan agar aktivitas gaming kamu berjalan lancar tanpa nge-LAG yakni memastikan kecepatan koneksi internet yang terhubung ke laptop stabil. Untuk mengecek kecepatan koneksi internet kamu bisa melakukannya di website speedtest.net atau dslreport.com. Setidaknya, kecepatan internet kamu memadai di angka 50-100 mbps. Hal tersebut bertujuan agar pertarungan kamu makin seru lagi tanpa hambatan nge-lag, freeze, atau gangguan lainnya.

2. Mengoptimalkan Pengaturan Video Game 

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika laptop yang digunakan tidak mendukung sp;esifikasi minimum game yang kamu mainkan, maka kamu disarankan untuk mengatur level detail yang lebih rendah atau mengurangi resolusi dalam pengaturan game. Kamu bisa fokus pada pengurangan Eye Candy dan mempertahankan hal-hal seperti jarak pandang yang membantu kamu bisa memenangkan permainan dengan baik. Kamu juga bisa mengaktifkan indikator FPS dan menyesuaikan pengaturan Fine-Tune sampai bisa konsisten di angka 30-60 Frame per detik dari sistem. Jika kurang dari itu, biasanya tidak dapat digunakan untuk permainan dinamis seperti game action penembak. Untuk permainan online, sangat dianjurkan angka FPS lebih dari 60.

3. Mengoptimalkan Pengaturan Daya 

Selanjutnya, yang harus kamu pastikan saat bermain yakni mengaktifkan mode kinerja terbaik dengan daya dari AC. Cara termudah untuk menyesuaikannya adalah dengan mengklik ikon baterai pada task bar dan menggesernya ke kanan, di mana pengaturan kinerjanya jadi yang terbaik atau berada di posisi Best Perfomance. 

Mengoptimalkan Pengaturan Daya Laptop - PemmzTechie

Mengoptimalkan Pengaturan Daya Laptop – PemmzTechie

4. Menghentikan Aplikasi yang Tidak Diperlukan 

Berikutnya yakni saat bermain sebaiknya kamu tidak menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Apalagi kamu sudah tahu bahwa Game yang kamu mainkan merupakan game berkelas berat. Untuk itu, kamu harus menutup semua jendela aplikasi yang tidak diperlukan. Kamu bisa fokus pada strategi pertarungan agar dapat memenangkan permainan. Mungkin bagi kamu, cara ini tidak terlihat membantu kelancaran game. Tapi percaya atau tidak, semakin banyak aplikasi yang kamu buka saat bermain akan membebani memori dan CPU. Kamu bisa melakukan pengecekan pada palikasi Windows Task Manager, dan melihat kolom memori dan CPU. Nah, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menutup aplikasi yang membutuhkan proses paling banyak agar aktivitas gaming kamu tidak terhambat dan berjalan maksimal.

5. Pengaturan Antivirus yang Tepat

Yang terakhir dan tak kalah penting harus kamu lakukan agar aktivtias gaming kamu tidak nge-LAG adalah memastikan di dalam laptop kamu sudah terpasang Antivirus. Penggunaan Antivirus di laptop terbukti dapat meminimalisir dampak lemot dan kelambatan saat bermain. Selain itu, Antivirus juga mampu menonaktifkan Pop-Up apapun, Scanning dan lain sebagainya.

Kemudian jangan lupa juga unutk memperhatikan Windows Update kamu, pastiin ya bahwa kondisi OS Windows kamu berada dalam versi terbaru.

So, itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghindari hambatan LAG saat lagi seru bermain game yang menantang di laptop kesayangan kamu. Buat kamu yang ada ide atau pendapat lain langsung aja taro di kolom komen ya Guys! Dan mungkin bagi kamu yang merasa bahwa laptop kamu mulai bermasalah dan muncul penyakit-penyakit yang menganggu aktivitas gaming kamu, jangan khawatir ya karena kamu bisa konsultasikan kepada PemmzTechie. Kamu tinggal menghubungi tim PemmzTechie di nomor WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.