Kamu Yakin Sudah Siap Rakit PC Gaming?

Sadar gak sih kalian kalau dimana-mana bertebaran kalimat “Mending Rakit PC” ? Entah itu di kolom komen ataupun konten-konten media sosial lainnya. Kamu sudah yakin siap untuk merakit PC Gaming? Sebelumnya, kamu harus tahu dulu nih ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu merakit PC Gaming? 

Buat kamu yang ingin merakit PC dari nol, yuk simak dulu bahasan berikut ini!

1. Budget Menentukan Kualitas PC 

Pertama, kamu harus memperhatikan budget yang kamu punya sebelum membeli komponen-komponen hardware yang akan dirakit menjadi PC. Hal ini dikarenakan berapa banyak budget yang kamu keluarkan akan menentukan kekuatan performa dari PC yang akan kamu rakit. Maka dari itu, sebelum kamu merakit PC sebaiknya kamu harus pertimbangkan dahulu dengan teliti setiap komponen PC yang akan kamu beli. Kamu harus sesuaikan dengan kebutuhan dan kantong kamu untuk menentukan mereknya mau yang mana dan kapasitasnya berapa. Jangan sampai, komponen yang kamu asal beli saja yang penting murah malah gak support aktivitas gaming kamu! Lebih baik, dibandingkan memaksa budget harus support beli hardware PC yang murahan kamu bisa menabung terlebih dahulu. Dicicil pelan-pelan ya Guys!

2. Perhatikan Garansi Setiap PC 

Selanjutnya kamu juga perlu memperhatikan garansi dari setiap komponen hardware PC yang kamu beli. Garansi menjadi hal penting dikarenakan setiap merek komponen memiliki sistem garansi yang berbeda. Maka dari itu, sebelum kamu membeli laptop pastikan garansi dari komponen PC itu tidak terlalu pendek ya jangka waktunya. Setidaknya kamu ada jaminan garansi, karena siapa tahu amit-amitnya ya komponen laptop kamu rusak atau mungkin butuh diservis. Dengan garansi yang masih berlaku, kamu bisa mengajukan servis kepada vendor. Kecuali memang rusaknya dikarenakan cacat fisik akibat jatuh atau terbanting.

3. Menghitung Total Daya Listrik Komponen 

Berikutnya kamu harus menghitung total daya dari semua komponen PC yang akan kamu rakit. Sebaiknya kamu memilih PSU yang mempunyai sertifikasi dari 80 plus. Salah satu kesalahan yang mungkin umum terjadi dalam merakit PC adalah pemilihan Power Supply yang sembarangan, yang penting harganya pas di kantong.

Umumnya, komponen-komponen PC akan menempatkan beban dayanya ke power supply dan di-convert dari DC ke AC. Jadi, ketika kamu memilih power supply yang kurang baik akan membuat tegangan dari CPU bisa jadi tidak stabil. Hal tersebut akan merusak komponen perangkat komputer kalian dan bisa membuat tarif listrik juga akan naik karena konversi DC ke AC kurang optimal.

So, itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum merakit PC untuk kebutuhan gaming kamu. Buat kamu yang kebingungan dalam merakit PC jangan khawatir ya karena kamu bisa menyerahkannya kepada PemmzTechie. Kamu bisa konsultasikan dahulu kepada tim PemmzTechie di nomor WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.