Setiap dari pada kita, pastinya menjadi salah satu pengguna perangkat elektronik digital baik itu Smartphone maupun Laptop. Ketika menghadapi situasi darurat, dan baterai smartphone kesayangan kita sudah low batt maka tidak ada jalan lain selain mengisi daya smartphone melalui laptop. Apalagi ketika beraktivitas di luar, kita tidak membawa charge smartphone kita dan hanya membawa laptop bersama charge-nya. Maka dari itu, alternatif yang tersedia adalah mengisi daya baterai smartphone 

Sebenarnya sih boleh-boleh saja jika kamu ingin mengecas smartphone dengan menyambungkan kabel USB ke laptop. Namun, sebaiknya jangan melakukannya terlalu sering. Hal itu dikarenakan ada bahaya yang muncul akibat kamu sering mengecas smarphone dari Laptop. 

Beberapa laptop dibekali gimmick kemampuan untuk nge-charge smartphone. Bahkan tak jarang para produsen laptop menjadikan hal itu sebagai nilai jualnya. Ternyata, menge-charge smartphone pake laptop itu bisa menimbulkan penyakit pada laptop yakni sebagai berikut.

1. Merusak Baterai Laptop

Mengisi baterai smartphone menggunakan laptop, juga dapat menguras daya laptop itu sendiri. Akibatnya baterai laptop mudah habis. Sama seperti power bank, baterai laptop juga memiliki life cycle atau siklus hidup. Semakin sering diisi ulang, maka baterai laptop akan semakin mudah rusak.

2. Rawan akan Pencurian Data

Tahukah kamu bahwa hacker bisa mencuri data yang ada di dalam smartphone kamu jika terhubung ke laptop? Hacker akan menggunakan proses handshake atau proses pairing untuk mencuri data dari smartphone yang diisi baterainya melalui laptop. Hal ini terjadi karena proses ‘Handsake’ membuat data nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, nomor seri, informasi firmware, informasi sistem operasi, daftar file, hingga elektronik chip ID smartphone terbaca oleh laptop.

3. Bikin Smartphone Kamu Cepat Rusak

Walaupun aliran listrik yang dihasilkan oleh smartphone bisa digunakan untuk mengisi ulang smartphone, tapi arus listrik yang dikeluarkan dari port USB laptop tidaklah sekuat biasanya. Karena mengisi ulang dengan aliran listrik yang lemah, bisa berdampak pada pengisian daya baterai yang jadi memakan waktu lebih lama.

Proses isi ulang baterai smartphone yang lama dapat membuat baterai smarphone kamu jadi tidak awet. Dan juga, karena pengisian daya yang lama membuat tangan kamu jadi gatal untuk memainkan smartphone sambil di-charge. Kalau kamu suka menggunakan ponsel sambil ngecas, akibatnya baterai jadi mudah rusak.

So, itulah dia beberapa bahaya yang timbul jika smartphone kamu terlalu sering dicas melalui laptop. Meskipun demikian, kamu masih boleh sesekali mengecas HP dari laptop, jika kondisi darurat saja ya Guys!  Dan sebaiknya kamu menghindari pula penggunaan HP ketika sedang dicas dan pastikan smartphone dalam keadaan terkunci.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya Guys! Buat kamu yang memiliki masalah pada laptopmu, atau mungkin baterai laptop kamu sudah tidak bekerja dengan baik misalnya bocor atau boros? Kamu bisa menyerahkannya kepada PemmzTechie kok! Kamu bisa langsung menghubungi kami di nomor WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.