Apa Saja Tanda Motherboard Rusak?

Motherboard merupakan komponen dalam perangkat PC atau Laptop yang berperan penting sebagai rumah bagi komponen utama lainnya seperti CPU, RAM, Power Supply, Hard Disk dan VGA. Lalu bagaimana jika komponen motherboard itu sendiri yang mengalami kerusakan? Apa yang akan terjadi pada perangkat komputermu? Jika terjadi demikian, maka dapat dipastikan bahwa laptop maupun PC kalian akan mengalami hambatan bahkan tidak bisa beroperasi sama sekali. Terlepas dari hal itu, apa saja tanda kerusakan yang muncul akibat kerusakan pada motherboard? Yuk langsung simak informasi berikut ini!

1. Laptop/PC Sering Blank/ Mendadak Mati 

Salah satu gejala yang muncul akibat penyakit pada kerusakan motherboard adalah perangkat yang sering mati secara mendadak. Atau mungkin saat lagi digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, tiba-tiba laptop/PC kamu freeze dan berhenti berfungsi beberapa saat. Kamu harus memastikan bila kondisi serupa terjadi apakah laptop/PC sudah terhubung arus listrik dengan adaptor atau belum.

Jika laptop/PC kamu sering mati mendadak atau blank maka kamu perlu waspada akan komponen motherboard yang bisa saja mengalami kerusakan. Bila terus-menerus terjadi, maka sebaiknya kamu bisa membawa laptop/PC kamu ke tempat jasa servis laptop terdekat.

2. Muncul BSOD (Blue Sceen of Death)

Jika terjadi BSOD pada laptop maupun komputer kamu belum tentu berarti ada masalah pada motherboard. Sering kali, alasan utama mungkin karena driver yang buruk atau kerusakan pada komponen hardware misalnya seperti HDD.

Kamu bisa coba mencatat pesan kesalahan, terutama kode kesalahan yang terlihat seperti ini (0x000000 (0x000000,0x000000,0x000000,0x000000). Setelah kamu memiliki kode, cobalah gunakan Google untuk merisetnya untuk melihat apakah ia mengatakan sesuatu tentang kegagalan motherboard.

3. Waktu Booting menjadi sangat lambat

Motherboard yang rusak juga dapat mengakibatkan loading komputer menjadi sangat lambat. Misalnya pada saat proses booting awal. Hal ini dikarenakan tahap itu merupakan tahap dimana Motherboard akan melakukan POST (Power On Self Test) untuk mengidentifikasi perangkat yang tertanam seperti jumlah RAM, hard disk, dan ketersediaan keyboard serta mouse, sebelum memuat BIOS.

4. Perangkat tidak dapat dihidupkan (mati total)

Gejala ini merupakan stadium akhir yang menandakan motherboard yang telah terlanjur mengalami kerusakan.  Namun tentunya kita tidak boleh langsung mem-vonis hal tersebut karena motherboard. Kamu bisa memastikan terlebih dahulu power supply dan/atau baterai pada laptop/PC berfungsi dengan baik. Ingatlah bahwa perangkat komputer merupakan sebuah sistem, satu sama lain saling memengaruhi satu sama lain.

Kamu tidak perlu khawatir dan bingung untuk mengatasi permasalahan pada motherboard, atau mungkin kamu merasa bahwa tanda-tanda yang disebutkan di atas terjadi pada perangkat laptop kesayanganmu. Kamu bisa langsung menyerahkannya kepada tim PemmzTechie. Dengan pengerjaan tim teknisi profesional yang sudah terjun lebih dari 10 tahun di dunia IT Maintenance, kami akan melakukan pengecekan kondisi perangkat laptop/PC kamu dan mengatasi semua masalah dengan memberikan solusi serta pelayanan terbaik.  Caranya gampang banget, kamu tinggal hubungi kami di nomor WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.