Akibat pandemi, keadaan serba online membuat laptop/PC menjadi kebutuhan utama bagi semua kalangan di dunia, tak terkecuali anak-anak. Semua aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, hingga bekerja kini dituntut untuk menggunakan sistem daring melalui aplikasi di perangkat elektronik. Tak heran jika begitu banyak pengguna laptop yang menggunakan laptop sepanjang hari alias 24 jam.

Pernah gak sih kalian berpikir bahwa laptop juga butuh istirahat sama seperti kita? Walaupun perangkat elektronik selalu bisa menyala asalkan terhubung arus listrik, namun jika digunakan non-stop dapat menurunkan kinerja serta performa laptop. Jangan heran jika kamu merasa bahwa tiba-tiba laptop kamu sering bermasalah, mulai dari lemot hingga panas yang berlebihan.

Apa saja efek samping yang didapat jika laptop jarang dimatikan? Yuk simak informasi selengkapnya!

1. Merusak Hardware 

Salah satu akibat yang dapat terjadi akibat kalian terlalu memaksa penggunaan laptop hingga seharian adalah merusak komponen hardware yang ada di dalam perangkat laptop. Misalnya, karena laptop digunakan secara terus-menerus tanpa diberi waktu istirahat maka beresiko menyebabkan CPU usage menjadi rusak. Laptop kamu akan jadi cepat panas hingga overheat. Bisa jadi karena kepanasan, laptop kamu mendadak mati sendiri karena CPU berhenti operasi akibat kepanasan. So, jika kamu terus-terusan menyalakan laptop selama 24 jam nonstop, maka siap-siap ya umur laptop kesayanganmu akan semakin pendek.

2. Mengancam Keamanan Perangkat 

Perangkat elektronik seperti laptop yang terhubung koneksi internet beresiko terserang virus seperti malware. Selain itu, hal tersebut juga bisa memudahkan peretas-peretas untuk mengakses dan bahkan mencuri data-data pengguna, atau data lain yang ada di perangkat. Saat kamu mematikan laptop, selalu pastikan sebelumnya agar sistem operasi serta perangkat lunak update virus kamu telah selesai. Kenapa?  Karena jika sistem serta perangkat update virus belum selesai, hal itu justru akan membuat perangkatmu lebih rentan terhadap serangan virus.

3. Kinerja Laptop Menjadi Lambat

Perangkat laptop yang dibiarkan dalam keadaan menyala dari waktu ke waktu bisa menyebabkan sistem komputer bekerja dengan lambat. Meskipun Anda mencoba untuk melakukan restart ulang untuk menanganinya. Namun hal tersebut bisa memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini terjadi bisa saja karena laptop, terdapat data-data yang mencurigakan seperti virus atau malware yang bersarang, atau bahkan terlalu banyak data hingga processor sulit membaca data yang diminta. Untuk itu user harus pintar-pintar menjaga cara agar laptop tidak lemot dengan cara membersihkan data yang tidak terpakai lagi.

Sama seperti manusia, perangkat elektronik seperti laptop/PC juga bisa stress akibat terlalu lama dipaksa bekerja. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kalian memberikan waktu istirahat bagi laptop kesayangan. Jadi, mereka juga dapat berumur panjang alias awet dan tidak rewel ketika digunakan untuk bekerja.

Buat kamu yang mungkin merasa laptop/PC kamu sudah bermasalah kamu bisa langsung menghubungi PemmzTechie. Bahkan, mungkin kalau kamu masih ragu dan masih bingung baiknya upgrade berapa Gigabyte, kamu bisa konsultasikan dahulu kepada tim PemmzTechie! Caranya gampang banget, kamu tinggal hubungi kami di nomor WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.