Tahukah kamu bahwa RAM merupakan salah satu perangkat keras komputer yang pastinya rentan terhadap kerusakan. Kerusakan pada RAM tersebut pun akan menyebabkan laptop anda menjadi semakin lemot, dan bisa jadi mengalami kegagalan dalam proses booting. Nah berikut ini PemmzTechie akan memberikan beberapa ciri-ciri gejala kerusakan pada RAM komputer kamu!

1. Laptop / PC jadi Terasa LEMOT PARAH 

Gejala pertama yang perlu kamu kenali ketika RAM Laptop maupun PC rusak adalah kinerja perangkat yang menjadi sangat lambat. Meskipun kamu tidak menjalankan program atau aplikasi yang berat, misalnya hanya membuka Office Word tapi perangkatmu Lemot Parah. Kamu bisa melihat pada bagian Task Manager untuk mengecek kapasitas RAM yang terpakai. Biasanya ketika RAM Laptop maupun PC kamu sudah rusak, maka walaupun kapasitas yang belum terpakai masih banyak kinerjanya akan tetap menunjukkan kelambatan.

Laptop Lemot Akibat Kerusakan pada RAM

Cara mengatasi masalah ini, yang bisa kamu lakukan adalah mengecek kondisi RAM apakah sudah terpasang dengan baik dan benar. Kamu bisa melakukan pengecekan ke tempat jasa servis terdekat untuk mengecek kondisinya apakah masih layak digunakan atau tidak. Bila RAM kamu mengalami kerusakan maka kamu harus segera menggantinya dengan RAM yang baru.

2. Tiba-tiba Blank/Blue Screen/Restart Sendiri

Layar BSOD karena RAM Rusak

Tanda berikut yang terjadi akibat kerusakan RAM adalah perangkat laptop/PC kamu yang mendadak mati atau restart sendiri.  Namun, tanda itu memang bukan hanya bisa diakibatkan oleh kerusakan RAM saja tapi bisa dari faktor lain. Kemudian, ketika perangkat laptop/PC kamu mengalami permasalahan pada memori maka biasanya masalah yang terjadi bisa saja berupa layar BSOD atau akrab disebut Blue Screen. Selain kerusakan pada RAM, layar yang sering Blue Screen juga bisa diakibatkan oleh kerusakan Hard Disk. Dan tanda berikutnya yakni ketika sedang digunakan, layar dari Laptop/PC kamu tiba-tiba blank hitam dan tidak menampilkan apa-apa meskipun komponen hard ware lainnya masih berjalan. Ciri itu bisa jadi tanda kerusakan RAM pada perangkat kesayanganmu.

3. Sistem Operasi Tidak Berjalan Lancar 

Kondisi RAM yang rusak juga dapat menimbulkan gangguan pada sistem operasi perangkat laptop/PC. Tanda yang sering terjadi yakni proses sitem operasi yang tidak berjalan lancar dan ada beberapa fitur di perangkat yang tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Hal tersebut dapat menganggu aktivitas kamu saat menggunakan perangkat, baik itu kerjaan atau lainnya. Mau tidak mau, kamu harus segera membawa ke tempat servis terdekat dan melakukan pengecekan. Bila RAM kamu benar-benar rusak, maka kamu harus segera menggantinya sebelum itu turut merusak komponen hardware lainnya yang ada di dalam perangkat.

4.Beberapa Program Sering Error 

Program Aplikasi Sering Error Karena RAM Laptop Rusak

Berikutnya, yang dapat terjadi ketika perangkatmu mengalami kerusakan pada RAM adalah gangguan pada saat penjalanan program. Aplikasi atau software yang biasa kamu jalankan namun sesaat tidak bisa dijalankan seperti error, dan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Biasanya hal ini dapat terjadi karena faktor dari RAM yang tidak mampu mengakses data dari software tersebut sehingga perangkat tidak bisa men-support aplikasi tersebut.

5. Perangkat mengeluarkan suara Beep berkali-kali saat dinyalakan

Ketika perangkat Laptop/PC sedang digunakan dan mengeluarkan suara tertentu seperti beep yang berulang-ulang maka kamu harus waspada dan segera melakukan pengecekan. Suara yang timbul dari perangkat yang sedang menyala, menunjukkan bahwa ada yang tidak beres pada komponen-komponen di dalamnya. Biasanya, itu juga bisa menjadi ciri kerusakan pada RAM. Selain itu, indikator suara beep juga bisa berasal dari kerusakan komponen lain seperti harddisk maupun motherboard. 

So, itu dia beberapa tanda yang menunjukkan kerusakan pada RAM di perangkat laptop/PC kamu. Nah, mungkin selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas masih ada tanda-tanda lain yang disebabkan oleh kerusakan RAM. Sebaiknya, ketika kamu sudah merasa bahwa ada yang tidak beres dan laptop kamu menunjukkan berbagai masalah yang tidak biasa serta menganggu aktivitas, kamu bisa segera membawa ke tempat jasa servis laptop terdekat. Gak usah bingung mencari jasa yang trusted dan kredibel di mana, kamu bisa menyerahkannya kepada tim profesional PemmzTechie. 

Di situasi pandemi ini, kamu bisa mendapatkan layanan antar-jemput secara cuma-cuma untuk area Jakarta Barat. Caranya, kamu cukup menghubungi kami melalui kolom chat yang tersedia pada halaman ini atau melalui nomor WA: 085280280100/ 08999999279. Nah, disana kamu dapat memberitahu customer service kode TECHJAKBAR untuk mendapatkan layanan free pick up di area Jakarta Barat. Yuk buruan servis laptop kamu bersama PemmzTechie!